Macam-macam Jenis Sarana Transportasi Penyeberangan Sungai

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Pada pertengahan tahun 2016 ini, tak terasa telah 7 (tujuh) tahun yang lalu saya sudah terbiasa menyeberangi sungai tepatnya di sungai Batanghari untuk menuju tempat bertugas dengan menggunakan sarana transportasi penyeberangan diantaranya Pompong / Getek jika mengendarai sepeda motor, dan menggunakan transportasi ponton jika menggunakan kendaraan roda empat.

Oleh karena itu, tak lengkap rasanya jika saya tidak memahami sebutan nama alat / sarana transportasi mulai dari Pompong, Getek, dan Ponton yang kebetulan ketiganya pernah saya rasakan sensasinya. Yang pasti sensasinya bagi yang pertamakalinya kemungkinan besar akan takut dan khawatir kalau-kalau berhenti di tengah-tengah sungai dan kemungkinan terburuknya adalah tenggelam. Terlebih bagi orang yang tidak bisa berenang, seperti saya... J


Pertama, pengertian dari Pompong dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pompong1/pom•pong/ n cumi-cumi kecil yang beracun, pompong3/pom•pong/ Mk a, kepompong/ke•pom•pong/ a bingung; kebingungan; gelisah, dan pompong4/pom•pong/ v, memompong/me•mom•pong/ v membawa di punggung atau di pinggang; membopong; mendukung.

Akan tetapi pengertian pompong yang saya maksudkan di sini tentu berbeda dengan pengertian di atas, karena pompong di sini maksudnya adalah kapal motor pompong yang berfungsi sebagai sarana transportasi air yang menggunakan mesin sebagai media penggeraknya. Kapal pompong bermotor ini berkapasitas macam-macam ada yang besar yang mampu mengangkut lebih dari 3 motor dan lebih dari 10 orang, akan tetapi pompong yang kecil kira-kira hanya mampu menampung maksimal 3 motor dengan 3 orang penumpang saja.

Selanjutnya Getek / rakit adalah sarana transportasi air yang masih bersifat manual artinya penggeraknya dengan menggunakan tali ataupun tongkat, dan bisa juga menggunakan dayung.

Lalu, bagi pengendara mobil atau kendaraan roda empat tentu untuk menyeberangi sebuah sungai diperlukan sarana transportasi selain pompong dan rakit yakni Ponton. Sekali lagi coba saya ulas pengertian ponton berdasarkan KKBI yakni sebagai berikut : ponton/pon•ton/ n sampan yang rendah dan lebar untuk menggalang atau menyangga jembatan darurat dan sebagainya: jembatan -- , jembatan yang digalang (disangga) dengan ponton.

Dan ponton yang saya maksudkan di sini adalah sarana transportasi air yang mampu mengangkut lebih dari 1 kendaraan roda empat dengan kapasitas muatan yang jauh lebih besar daripada Getek maupun Pompong, karena ponton ini didorong dan ditarik oleh kapal motor khusus sebagai penggeraknya yang terpisah dengan ponton sebagai tempat barang.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian getek, pompong, dan ponton dalam penyeberangan sungai yang dapat menghubungan antara dua daratan seperti halnya antar pulau. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Macam-macam Jenis Sarana Transportasi Penyeberangan Sungai"

Post a Comment