Kepastian Pembayaran Gaji 14 / THR bagi PNS Sebelum Lebaran dan Gaji 13 Cair Pada Bulan Juli 2016

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Memasuki bulan puasa bulan Ramadhan 1437 H / 2016 M ini, seluruh PNS dipastikan akan sangat mengharapkan pencairan gaji 13 maupun 14 (THR / Tunjangan Hari Raya) PNS dapat segera dibayarkan sebelum lebaran Idul Fitri tahun ini.

Akan tetapi berdasarkan informasi yang admin rilis dari KemenPAN-RB terkait pembayaran Gaji 13 maupun gaji ke-14 bagi para PNS yang sudah bersiap-siap menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 secara bersamaan jelang lebaran, harus kembali mengubah rencananya. Pasalnya, pembayaran THR dan gaji ke-13 yang sedianya akan dibayarkan bersamaan, ternyata tidak jadi.

THR atau yang sering disebut gaji ke-14 rencananya akan diberikan terlebih dahulu, yakni bulan Juni 2016 ini kepada seluruh PNS, TNI, POLRI, penerima pensiun, penerima tunjangan, kepala daerah hingga Menteri. Kemudian setelah itu gaji ke-13 baru akan diberikan pada bulan Juli.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja membenarkan bahwa hal itu  dikarenakan kondisi keuangan negara. “Saat rapat terakhir, disepakati bahwa pembayaran gaji ke-13 dan THR  tidak dibayar sekaligus,” ujarnya di Jakarta, Kamis (02/06).

Dikatakan, ketentuan mengenai gaji ke-13 dan THR tersebut dituangkan dalam dua Peraturan Pemerintah (PP). “Saat ini RPP-nya sudah selesai diharmonisasi, dan sudah diserahkan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk selanjutnya ditandatangani Presiden,” terang Setiawan.

Baca juga : Adanya THR dan Gaji Ke-13 Harus Dongkrak Kinerja PNS dan Instansi Pemerintah Daerah Diharapkan Segera Mengembangkan Sistem Absensi Secara Elektronik

Dijelaskan lebih lanjut, gaji ke-13 yang cari sebesar penghasilan sebulan pada bulan Juni 2016 ini. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Sedangkan bagi pejabat negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Adapun untuk THR, akan diberikan sebesar gaji pokok. “Namun THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya 50% dari pensiun pokok/tunjangan,” jelas Setiawan.

Info update : Gaji Ke-14 / THR Bagi PNS Tahun 2016 Cair Sekitar Tanggal 20 Juni dan Gaji 13 pada Bulan Juli 2016

Demikian informasi mengenai jadwal pencairan gaji 14 / THR bagi PNS yang dipastikan akan dibayarkan sebelum hari raya idul fitri dan gaji 13 cair pada bulan Juli 2016. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Kepastian Pembayaran Gaji 14 / THR bagi PNS Sebelum Lebaran dan Gaji 13 Cair Pada Bulan Juli 2016"

Post a Comment