Situs Online Sahabat Keluarga Resmi dari Kemdikbud Untuk Referensi Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Dalam rangka berusaha untuk menjadi orang tua yang cerdas bagi putra-putrinya serta sadar akan peran pentingnya sebagai pendidik pertama dan utama di lingkungan keluarga, tentu memerlukan salah satu referensi dalam praktik pendidikan keluarga yang baik.

Dan saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Laman Sahabat Keluarga sebagai media informasi dan komunikasi tentang kiat-kiat mendidik anak, pengalaman keluarga dan sekolah, dongeng, cerita inspiratif, dan sebagainya yang diperuntukkan bagi seluruh orang tua khususnya bagi orang tua yang saat ini sedang memiliki anak dalam usia pendidikan mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, hingga lintas usia.

Dalam halaman tersebut disebutkan bahwasannya orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Pola pengasuhan dan pendidikan yang diterapkan orang tua akan menentukan karakter dan kepribadian, motivasi berprestasi dan kondisi kesehatan serta kebugaran anak-anak.

Orang tua juga perlu memperkuat dan meningkatkan komunikasi dengan satuan pendidikan di mana anak-anak memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk bekal menjalani kehidupan. Dalam hal inilah, perlunya dirajut kemitraan antara orang tua dengan satuan pendidikan, mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, SD, sampai tingkat SMA/SMK.

Sudah bukan waktunya lagi orang tua menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anak ke satuan pendidikan. Sebaliknya, satuan pendidikan juga diharapkan dapat memberdayakan orang tua dan keluarga untuk membangun kemitraan dalam rangka penumbuhan budi pekerti, membangun budaya prestasi, serta memastikan kesehatan dan kebugaran anak.

Laman ini dibangun untuk mewujudkan kemitraan tersebut. Melalui laman ini diharapkan terbangun ekosistem pendidikan, yang terdiri atas orang tua, kepala sekolah, guru, komite sekolah, dewan pendidikan, pegiat pendidikan dan masyarakat keseluruhan,  yang cerdas dan berkarakter.

Melalui laman ini pula, orang tua dapat memperoleh praktik baik pendidikan keluarga dan menularkannya ke orang tua lain sehingga dapat menjadi fasilitas belajar bersama. Orang tua juga dapat belajar dari pengalaman orang tua lain yang berhasil mendidik anak-anaknya hingga berhasil.

Untuk mengetahui apa saja yang silahkan kunjungi langsung situs resminya di sini : melalui alamat: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Referensi sumber artikel : Tentang Sahabat Keluarga Kemdikbud

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Situs Online Sahabat Keluarga Resmi dari Kemdikbud Untuk Referensi Orang Tua Dalam Mendidik Anak"

Post a Comment