Pentingnya Introspeksi Diri dalam Usaha / Upaya Mengembangkan Diri

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengulas mengenai Hubungan Antara Introspeksi Diri dengan Pengembangan Diri.

Introspeksi diri merupakan adalah peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dan sebagainya) pada diri sendiri. Intospeksi juga berarti mawas diri.

Selanjutnya, terkait dengan pengembangan diri, tentu introspeksi diri menjadi salah satu pintu pembuka diri yakni dengan adanya pikiran yang terbuka serta mau berbesar hati / legawa dalam menerima setiap perubahan hingga prinsip ataupun bahkan nilai hidup yang lebih baik dari sumber manapun.

Oleh karena itu, tanpa adanya introspeksi diri yang baik bagi seseorang, maka kemungkinan besar pengembangan diripun akan sulit terealisasi dikarenakan pembelajaran bagi seseorang akan timbul talkala ia menyadari akan adanya kelemahan, kekurangan, kesalahan dan sebagainya yang ada pada dirinya sendiri.

Biasanya orang yang tajam introspeksi dirinya maka dalam menjalani hidup sehari-hari ia cenderung sibuk bukan untuk mengorek kekurangan ataupun kelemahan orang lainnya, akan tetapi hampir seluruh waktunya sibuk dalam belajar serta berusaha dalam memperbaiki dirinya, sehingga kemungkinan besar pengembangan SDM pada diri juga semakin meningkat.

Selanjutnya, sehubungan dengan introspeksi diri ini, adanya hubungan antar individu dalam kehidupan sosial di berbagai lingkungan dan bidang justru akan semakin menambah motivasi diri untuk senantiasa berkembang, karena dari pergaulan ataupun interaksi sosial inilah sang pembelajar mendapatkan perbandingan, hingga ia pun tahu betapa ia masih perlu banyak harus belajar. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Selamat berkarya Sahabat...! Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pentingnya Introspeksi Diri dalam Usaha / Upaya Mengembangkan Diri"

Post a Comment