Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Buat/Ubah Akun PTK Dapodik Tahun 2016

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Pada aplikasi baru versi V.4.1.0 untuk entry data Dapodik jenjang SD, SMP, dan SLB di semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini saat ini telah tersedia fitur pembaharuan otomatis dari aplikasi Dapodikdas ke V.4.1.1

Dan pada setiap login aplikasi Dapodikdas untuk yang pertama kalinya akan tampil informasi terkait dengan Akun PTK sebagai berikut : Dikarenakan telah terjadi kesalahan pada saat tambah/ubah akun PTK di aplikasi versi 4.1.0, mohon untuk memasukan ulang password untuk memastikan akun yang telah dimasukan benar.

Sehingga bagi rekan-rekan operator sekolah yang belum sempat install aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 silahkan langsung install menggunakan installer V.4.1.1 dengan menggunakan installer versi 4.1.1 yang dapat diunduh di links Dapodikdas dan selanjutnya memasukkan kembali password akun PTK bagi yang sudah pernah input pada versi v.4.1.0 sebelumnya.

Terkait dengan aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.1 yang dirilis pada bulan Januari 2016 untuk update versi 4.1.0 ini terdapat beberapa fitur salah satunya yaitu untuk PTK diwajibkan memiliki alamat Email yang aktif karena untuk pengisian akun PTK yang akan digunakan untuk berbagai kepentingan masing-masing PTK ke depannya khususnya keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang akun PTK di aplikasi Dapodik tahun 2016 sebagai berikut :

1.   Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password asli email PTK.
2.   Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password tersebut.
3.   Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK.
4.   Akun pengguna PTK hanya dapat digunakan untuk PTK yang berada di sekolah induk.
5.   Pastikan alamat email yang digunakan valid dan masih aktif.

Selanjutnya, untuk membuat akun PTK di aplikasi Dapodikdas V.4.1.1 adalah sebagai berikut :

1.   Cek pada tab “PTK” pada bagian Email, jika belum pernah diisikan, silahkan diisikan terlebih dahulu alamat email PTK bersangkutan dengan klik “Ubah” kemudian scroll ke bawah pada bagian “Kontak” PTK silahkan dientry emailnya.

2.   Jika sudah diinput, klik “Simpan”, dan masih pada tab PTK silahkan pilih salah satu PTK dan klik pada “Penugasan” dan setelah itu klik pada “Buat/Ubah Akun PTK” lalu input Password PTK dan terakhir klik “Simpan

Dan pada bagian password akun PTK perlu dicatat dan diingat oleh masing-masing PTK serta diinput dengan hati-hati karena input password akun PTK ini hanya dapat dilakukan satu kali saja, akan tetapi jika ke depannya ada PTK yang lupa kode passwordnya maka password dapat diubah kembali akan tetapi akan terupdate password yang baru tersebut (bisa digunakan) setelah sinkronisasi aplikasi Dapodikdas berhasil dilakukan kembali. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Buat/Ubah Akun PTK Dapodik Tahun 2016"

Post a Comment