Cara Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik Tahun 2016

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Untuk memasukkan NISN seluruh peserta didik pada aplikasi Dapodikdas di tahun 2016 secara umum masih sama dengan tahun sebelumnya.

Sistem yang digunakan untuk memasukkan NISN siswa ke aplikasi Dapodik adalah menggunakan sistem push sinkronisasi (kecuali untuk siswa baru / pindahan dapat langsung diinput ke aplikasi, setelah tersimpan maka akan terkunci).

Namun NISN peserta didik yang akan terinput / terisi otomatis melalui aplikasi Dapodikdas adalah bagi data-data peserta didik yang sudah valid (dapat dilihat di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data) yakni NISN peserta didik yang telah di verifikasi dan validasi peserta didik sampai selesai pada level Konfirmasi Data.

Sehingga dapat disimpulkan penyebab NISN belum masuk ke aplikasi Dapodik walaupun pada tab “Residu” telah 0 (nol) akan tetapi belum di lakukan “Konfirmasi Data”, maka NISN tidak akan dapat terupdate di aplikasi Dapodik walaupun sudah disinkronisasikan berkali-kali.

Tampilan Verval PD yang telah berhasil Konfirmasi Data

Oleh karena itu, silahkan cek data dasar PD seperti akta lahir untuk SD, ijazah untuk SMP dan SMA/SMK, lalu optimalkan data (jika perlu perbaikan lakukan edit data di laman verval PD), setelah itu selesaikan verval PD pada tab “Residu” sampai dengan “Konfirmasi Data” telah selesai seperti pada gambar di atas, sehingga perbandingan antara data di Residu dan Referensi telah 100%.


Setelah itu, silahkan login pada laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/usr/in/ops, setelah itu cek apakah NISN sudah masuk di sana (lihat gambar di atas). Jika sudah, maka sinkronisasi akan berhasil mengupdate NISN ke aplikasi Dapodik Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik Tahun 2016"

Post a Comment