Alur / Urutan Kerja Aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Sahabat Operator Sekolah Dapodik jenjang SD, SMP, dan SLB yang berbahagia...

Berdasarkan Surat Edaran Pemutakhiran Dapodik Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 bahwasannya untuk pemutakhirkan data semester II (dua) tahun pelajaran 2015/2016 ini, sekolah dapat mengirimkan data Dapodiknya ke pusat selambat-lambatnya pada tanggal 29 Februari 2016.

Untuk jenjang SD, SMP, dan SLB menggunakan aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk installer dikarenakan adanya perubahan dan penambahan struktur database.

Pada versi ini terdapat beberapa perbaikan dan pembaharuan di data PTK, Sarana Prasarana, Sekolah dan Peserta Didik. Gaya dan tampilan antarmuka pengguna aplikasi generasi ke-empat yang sebelumnya masih dipertahankan dengan beberapa modifikasi tambahan guna tetap menghadirkan pengalaman yang nyaman dalam menggunakan Aplikasi.

Aplikasi Dapodikdas Semester genap biasanya dikemas dalam bentuk patch atau updater, namun pada versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk installer dikarenakan ada penyesuaian struktur database.

Hal ini memiliki konsekuensi untuk meng-uninstall aplikasi versi sebelumnya yang masih terpasang di komputer. Namun tidak perlu khawatir data sekolah yang sudah dikirim ke server tidak akan hilang dan dapat dipindahkan ke aplikasi dapodikdas melalui fasilitas generate prefill.

Untuk dapat login ke aplikasi, operator diminta untuk registrasi kembali. Setelah proses installasi selesai pengguna tidak diarahkan ke halaman login melainkan langsung ke halaman registrasi untuk melakukan registrasi operator. Pembaruan ini menambah efektif dan efisien proses installasi. Dianjurkan menggunakan alamat email yang asli dan sama dengan alamat email sebelumnya hal ini dikarenakan email tersebut akan digunakan sebagai akun single sign on (SSO) untuk masuk ke dalam aplikasi-aplikasi pemanfaatan Dapodik.
Alur Kerja Dapodikdas V.4.1.0 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Pada beranda kita akan disajikan salah satu perbedaan yang mencolok yaitu adanya status penggunaan kurikulum 2013 pada identitas sekolah. Jika dinyatakan tidak diizinkan maka sekolah tidak dapat menggunakan Kurikulum 2013 melainkan menggunakan Kurikulum KTSP.
Pada bagian pertama diuraikan secara rinci tentang Informasi Aplikasi Dapodikdas V.4.1.0, daftar perubahan (perbaikan dan pembaruan) aplikasi.

Selanjutnya pada bagian kedua diuraikan tentang panduan cara / langkah-langkah installasi aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 tahun 2016 mulai dari tab Sekolah, Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Sarana dan Prasarana (Sarpras), Rombongan Belajar (Rombel), dan pengaturan.

Dan selanjutnya pada bagian akhir dijelaskan arti kata istilah penting yang berhubungan dengan aplikasi Dapodik tentunya. Untuk itu, sebelum melakukan pengerjaan aplikasi Dapodikdas V.4.1.0, demi kualitas data yang terbaik, silahkan pelajari dan pahami terlebih dahulu panduan manual aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 secara komprehensif.

Download Buku Panduan Manual Aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 secara resmi dapat diunduh pada tautan berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Alur / Urutan Kerja Aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016"

Post a Comment