Tips Agar Dapat Menulis Artikel Yang Baik dan Berkualitas

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Untuk mendapatkan mutu / kualitas sebuah komunikasi dalam bentuk tulisan, tentu penyajiannya juga harus berkualitas, ini berlaku bukan hanya dalam pembicaraan (lisan), akan tetapi juga dalam komunikasi melalui tulisan.

Keahlian menyusun kalimat merupakan keahlian tersendiri bagi beberapa orang, dan kemampuan ini biasanya terbentuk setelah si empunya terbiasa melakukan hal tersebut.

Tak terkecuali dalam dunia menulis, kebiasaan menulis pun akan menjadi sebuah asset tersendiri bagi seseorang karena dengan kemampuan menulis yang baik akan menjadi salah satu faktor kesuksesan hidup seseorang

Kemampuan menulis biasanya ada pada seseorang yang senang dengan dunia baca, jurnalistik, petualangan, dan kegemaran lain yang di dalamnya mengandung unsur semakin bertambahnya wawasan, pengalaman, dan juga pengetahuan.

Seorang penulis profesional juga menjanjikan pendapatan secara ekonomi yang relatif besar, sehingga menulis tidak hanya hobi akan tetapi telah menjelma menjadi sebuah profesi, sebuah profesi yang menyenangkan tentunya.

Apalagi di jaman sekarang ini, komunikasi melalui intenet pun salah satunya dilakukan melalui media tulisan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menulis artikel yang berkualitas? Berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai penulis setidaknya pada blog ini… J akan mencoba memaparkan beberapa tipsnya sebagai berikut :

1.   Tulislah sesuatu topik / tema yang sudah kita pahami benar.

2.   Perjelas dengan gambar / video yang berkaitan.

3.   Tidak berbelit-belit dalam memaparkan tulisan.

4.   Optimalkan ejaan tulisan menggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5.  Beranilah membuat sesuatu yang berbeda, setidaknya dengan cara penyampaian Anda yang tetap berorientasi pada kepuasan pembaca.

6.   Jika perlu, buat bagian penutupnya sebuah kesimpulan dari uraian yang telah Anda sajikan.

Demikian beberapa tips agar kita dapat menulis artikel yang berkualitas. Dan akhirnya, tetaplah menjadi pembaca yang yang berkualitas, sehingga Anda pun dapat menjadi penulis yang berkualitas nantinya. Aamiin… Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Edukasi…!

0 Response to "Tips Agar Dapat Menulis Artikel Yang Baik dan Berkualitas"

Post a Comment