Cara Mutasikan / Keluarkan Data Peserta Didik Non Aktif di Aplikasi Dapodik

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Saat salah satu peserta didik ada yang pindah keluar ataupun mutasi maka di aplikasi Dapodik pun sebaiknya segera dilakukan updating data juga, hal ini tentu untuk mempermudah rekan operator sekolah lainnya dalam memvalidasi data Peserta Didik baru yang berasal dari sekolah kita.

Langkah ini berlaku bukan hanya untuk siswa mutasi, akan tetapi juga untuk alasan-alasan lainnya yang pada intinya siswa tersebut selanjutnya keluar / tidak aktif kembali pada daftar Peserta Didik akan tetapi akan berpindah pada tab “PD Keluar”.

Berikut langkah-langkah mutasikan data Peserta Didik di aplikasi Dapodikdasmen SD, SMP, dan SLB, sebagai berikut :

1.   Keluarkan terlebih dahulu Peserta Didik dari Rombongan Belajar atau Rombel. Hal ini bertujuan agar pada halaman utama aplikasi Dapodik khususnya pada Tabel Jumlah Siswa Per Rombel akan sesuai dengan jumlah PD aktif.

2.  Mutasi / pindah ataupun keluarkan data peserta didik seperti biasanya, yakni melalui Tab “Peserta Didik”, pilih salah satu nama peserta didik yang akan mutasi, lalu klik pada tombol “Registrasi”, setelah itu diisi data keluar pada bagian Di Isi Saat Sudah Keluar yang terdiri dari data Alasan Keluar dan juga tanggal keluar, lalu klik tombol "Save and Close".

3.   Setelah itu, dilakukan sinkronisasi secara online.

Demikian panduan singkat cara keluarkan data peserta didik aktif di aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Mutasikan / Keluarkan Data Peserta Didik Non Aktif di Aplikasi Dapodik"

Post a Comment