Cara Daftar / Registrasi Operator Sekolah di Aplikasi Dapodikdas Tahun 2016

Sahabat operator sekolah SD, SMP, dan SLB di tahun pelajaran 2015/2016 yang berbahagia… 

Sebenarnya proses registrasi aplikasi Dapodikdas v.4.0.2 maupun pada versi terupdate v.4.0.3 yang berlaku sampai akhir bulan Januari 2016 adalah sama dengan mekanisme registrasi aplikasi Dapodikdas pada versi yang sebelum-sebelumnya. 

Artikel ini saya tujukan khususnya bagi Rekan-rekan PTK yang baru mendapatkan tugas sebagai operator sekolah di awal semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016.

Berikut langkah-langkah proses registrasi aplikasi Dapodikdas v.4.0.2 :

1.      Pastikan komputer Anda telah terinstall aplikasi Dapodikdas 2015/2016 v.4.0.2. Jika belum, silahkan install terlebih dahulu dengan menggunakan installer yang dapat diunduh pada links berikut (menggunakan installer v.4.0.0).

2.    Buat folder baru pada drive C dengan nama folder “prefill_dapodik”, lalu tempatkan file prefill terbaru dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah Anda yang dapat diregenerate serta unduh/download dari links generate prefill.

3.    Pada tampilan pembuka aplikasi, silahkan diklik pada iconRegistrasi”, tepatnya di samping tombol “Login” (login ini kita pilih untuk masuk ke aplikasi setelah proses pendaftaran/registrasi operator sekolah sudah berhasil dilakukan).

4.      Setelah masuk pada halaman “Registrasi”, silahkan diisikan Identitas Anda yang berperan sebagai Operator Sekolah yang terdiri dari : Nama lengkap, Username (isi dengan email Anda atau email sekolah yang pastinya masih aktif/bisa digunakan), Password dan konfirmasi password (diisi dengan password yang sama persis), untuk kolom Yahoo Messenger dan Skype boleh diisi boleh tidak (tidak wajib), dan terakhir input Kode Registrasi aplikasi Dapodikdas sekolah Anda yang sama dengan Koreg. yang digunakan pada Dapodikdas 2015-2016 sebelumnya.

5.   Setelah kolom isian diisi, dan sudah dipastikan kembali kebenaran data-datanya, silahkan klik “Simpan”, sesaat kemudian akan muncul konfirmasi bahwasannya registrasi Anda berhasil, tekan saja tombol “Ok”.

6.   Pada tahap ini, proses registrasi sudah selesai, silahkan dilanjutkan dengan Login ke aplikasi Dapodikdas v.4.0.0, dan silahkan langsung lakukan pembaruan aplikasi Dapodikdas ke versi terbaru yang tersedia. Panduan update versi terbaru dapat dilihat selengkapnya pada links artikel berikut.

Demikian panduan cara pendaftaran/registrasi aplikasi Dapodikdas untuk tahun pelajaran 2015/2016 ini, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Daftar / Registrasi Operator Sekolah di Aplikasi Dapodikdas Tahun 2016"

Post a Comment