Sanksi Bagi PNS Yang Tidak Netral Dalam Pilkada Akan Berpengaruh Pada Karir Ke Depannya

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Seperti penyampaian dari MenPAN-RB bahwasannya di era revolusi mental ini kita ingin memastikan bahwa seluruh aparatur sipil bekerja secara profesional, netral dan mampu melayani seluruh kepentingan publik tanpa membeda-bedakan latar belakang politiknya. Karena itu netralitas menjadi sesuatu yang mutlak dilaksanakan oleh ASN dalam rangka pelaksanaan pemilihan kepala daerah langsung.

Terkait dengan hal tersebut, Menteri Dalam Negeri mendukung Kementerian PANRB yang telah menerbitkan berbagai aturan untuk mendorong netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemilihan umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia Desember mendatang.

Kami mengapresiasi. Netralitas PNS yang akan serius ditindaklanjuti,” kata Tjahjo Kumolo, pada penandatanganan nota kesepahaman Netralitas ASN, di kantor Kementerian PANRB, Jakarta (02/10).

Menurut Tjahjo, hal tersebut merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang secara aturan sudah disusun dan dilaksanakan oleh Kementerian PANRB, yang selanjutnuya secara teknis akan dijalankan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Bagaimanapun, Kementerian PANRB sudah mengeluarkan berbagai aturan dalam rangka reformasi birokrasi. Kalau mau membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, dan taat kepada hukum, mari kita ikuti netralitas seperti yang dilakukan di tubuh TNI.

Jadilah PNS yang melayani masyarakat secara adil, dan Bawaslu harus tegas untuk membangun sebuah sistem yang lebih demokratis,” ujarnya.

Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilaksanakan antara Menteri PANRB, Mendagri, KASN, BKN, dan Bawaslu merupakan dasar dalam penerapan pengawasan terhadap ASN. “Kalau nanti ada pejabat yang memang terbukti ya finish.

Tidak akan ada peningkatan karir. Pasti ada penilaian dari BKN, dan KASN akan mencatat, memberikan sanksi, termasuk karir ke depan apabila terbukti ada PNS yang tidak netral,” tutup Tjahjo. (ris/HUMAS MENPANRB)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Sanksi Bagi PNS Yang Tidak Netral Dalam Pilkada Akan Berpengaruh Pada Karir Ke Depannya"

Post a Comment