Kemdikbud Dukung Nilai UKG Tahun 2015 Dikirimkan Ke Sekolah dan Orang Tua Siswa

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Ada sesuatu yang berbeda dalam Uji Kompetensi Guru tahun 2015 ini, dikarenakan ide tentang dikirimkannya nilai hasil UKG akan dikirimkan ke sekolah dan juga kepada wali murid / orangtua siswa yang telah mendapat dukungan dari Kemdikbud.

Semoga saja dengan adanya wacana ini akan semakin menambah motivasi bagi kita sebagai guru untuk selalu meningkatkan kompetensi bukan hanya dalam kinerja, akan tetapi juga dalam Uji Kompetensi Guru (UKG) dengan hasil nilai yang memuaskan. Aamiin…

Informasi tersebut admin rilis dari JPNN.com bahwasannya Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata menyambut baik ide sejumlah kalangan yang meminta pemerintah mengirimkan hasil uji kompetensi guru (UKG) ke sekolah dan orang tua siswa.

"Sampaikan saja ke siswa atau ke orang tua. Supaya mereka juga tau, ini memang sekolahnya bagus. Ini perlu didorong. Buktinya di sini tadi ada yang bilang ikut UKG tidak serius. Guru asal-asalan karena tidak ada pengaruhnya (ke tunjangan profesi)," bebernya, Senin (12/10).

Dia mengatakan, tahun lalu ada sekitar 1,6 juta guru yang mengikuti UKG. Dari jumlah itu, hanya 192 guru yang mendapatkan rentang nilai 90-100.

"Hasil UKG nilainya cukup rendah. Hanya 192 guru nilainya di atas 90. Sedangkan nilai rata-rata nasional hanya 42," ujar Pranata.

 Hanya saja dari penilaian Kepala Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah AT Soegiton, tunjangan profesi guru atau program sertifikasi belum sejalan dengan kompetensi guru.

TPG yang diterima guru tidak disertai peningkatan kualifikasi atau kompetensi mengajar. "Sebenarnya ada tiga hal pokok yang seharusnya berhubungan, yaitu kelulusan uji sertifikasi, peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan kualitas dan profesionalisme," ujarnya. (esy/jpnn)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Kemdikbud Dukung Nilai UKG Tahun 2015 Dikirimkan Ke Sekolah dan Orang Tua Siswa"

Post a Comment