Tips / Cara Agar Tidak Gaptek (Gagap Teknologi)

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Apa itu “Gaptek”, gaptek adalah kepanjangan dari Gagap Teknologi, di mana gaptek identik dengan lemahnya kemampuan seseorang dalam menggunakan fasilitas dari produk-produk teknologi. Dan produk teknologi terkini memang memiliki beberapa jenis dan varian yang terus semakin banyak dan berkembang pesat dari waktu ke waktunya.

Akan tetapi, gaptek di jaman sekarang ini cenderung identik dengan lemahnya kemampuan yang terkait dengan penggunaan gadget, komputer / laptop, sampai dengan internet.

Lalu bagaimana agar kita tidak gaptek, berikut tips selengkapnya :

1.   Miliki handphone yang memiliki fasilitas internet, saat ini harga handphone yang sudah tersedia fasilitas untuk mengakses internet di dalamnya harganya pun saat ini sudah relatif terjangkau, bahkan ada yang harganya di bawah Rp. 500.000,-

2.   Miliki komputer / laptop dan miliki buku panduan belajar mandiri terkait sistem penggunaan dari beberapa aplikasi / program. Namun jika Anda sudah dapat mengakses internet langsung dari komputer / laptop Anda, belajar dengan browsing di internet tentu lebih efektif dan efisien tanpa harus membeli buku khusus.

3.   Jangan segan bertanya tentang seluk-beluk teknologi, baik dari segi penggunaan sampai dengan hal teknis yang terkait dengan program / aplikasi terbaru.

4.   Mulailah mempelajari bahasa Inggris khususnya pemahaman dari setiap fitur yang kebanyakan dipergunakan sebagai bahasa instruksional hingga pertolongan pada fitur tertentu dari setiap program / aplikasi. Cukup gunakan kamus saku bahasa Inggris pun sudah cukup membantu Anda.

5.   Biasakan bekerja secara mandiri dari yang terkecil, misalnya mengetik surat / dokumen lainnya, edit gambar, sampai dengan menggunakan aplikasi yang baru Anda ketahui.

6.   Jangan cepat merasa puas dalam penguasaan teknologi pada suatu tahap. Ingat, di atas langit masih ada langit, teruslah belajar mengembangkan diri tanpa melihat usia, latar belakang, dan alasan lainnya. Dan perkembangan teknologi serta informasi saat ini sangat up to date termasuk juga program / aplikasi baru pun demikian. Nikmati saja setiap proses belajar itu seperti halnya kita bisa menggunakan handphone pada awalnya dulu pun karena biasa hingga bisa.

7.   Biasakan mencari sesuatu dari internet agar Anda tidak terlalu banyak bertanya pada seseorang karena kesibukan orang lain perlu kita hargai, dan tentu saja dengan belajar via internet  pembelajaran Anda pun akan semakin efektif dari waktu ke waktunya.

Selain itu masih ada beberapa hal penting yang perlu dikembangkan untuk mendukung peningkatan penguasaan kita terhadap teknologi yakni keuletan serta ketelitian. Demikian beberapa tips agar kita tidak Gaptek teknologi. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Agar Tidak Gaptek (Gagap Teknologi)"

Post a Comment