Solusi / Cara Mengatasi Masalah Obyek Tidak Ditemukan dan Periode Semester Genap / -Nan Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 TA. 2015/2016

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Dalam kesempatan kali ini saya akan share pengalaman pribadi terkait dengan aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 yakni adanya permasalahan saat membuka localhost pada browser yakni aplikasi Dapodikdas yang rencananya saya akan login pada aplikasi Dapodikdas ternyata mengalami permasalahan yang muncul yakni adanya subyek tidak ditemukan yang muncul pada sisi ujung bagian kanan atas.

Kemudian pada kolom Periode yang seharusnya tertera Ganjil / 2015-2016, eh malah munculnya Genap / -Nan. Padahal barusan tadi siang saya input beberapa data yang sudah tersimpan dan setelah itu saya pun tidak utak-atik lagi. Ada apa masalahnya.

Yang terpikir pertama kali di benak saya adalah generate dan unduh prefill – uninstall aplikasi – install – registrasi dan login. Akan tetapi ternyata tidak perlu melakukan itu setelah saya coba tips ini ternyata tampilan aplikasi Dapodikdas v.4.0.0 kembali normal alias seperti semula dan seperti seharusnya.

Caranya adalah cukup kita close (tutup) seluruh laman browser yang ada lalu, clear historis (riwayat) pada browser Chrome dengan cara sebagai berikut ini :

1.         Klik pada bagian kanan atas, ikon “Customize and Control Google Chrome”.

2.         Pilih “Settings”.

3.         Kemudian terus turunkan ke halaman paling bawah hingga pada ikon “Show advanced settings”.

4.         Klik “Clear Browsing Data".

5.         Setelah muncul “Obliterate the following items from”, pilih “the beginning of time”, dan centang / checklist item “Clear browsing history”, “Clear download history”, “Delete cookies and other site and plug-in data”, “Empty the cache”, dan “Clear data from hosted apps”.

6.         Selanjutnya, klik “Clear Browsing Data”.

7.         Setelah beberapa saat proses pembersihan telah selesai, coba lihat pada seluruh data-data browser yang telah dicentang tadi, sekarang sudah bersih semua, berikut gambar hasil dari proses pembersihan browsing pada history (riwayat) yang sudah bersih (clear).

Setelah proses di atas selesai, silahkan kembali ketikkan "Localhost" (tanpa tanda kutip) pada URL browser Anda, lalu klik "Enter". 

Demikian cara mudah mengatasi masalah adanya obyek tidak ditemukan yang disertai dengan munculnya Genap/-Nan pada aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 tanpa install ulang aplikasi yakni dengan clear cache, cokies, history, maupun data-data lain pada browser Google Chrome Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...! 

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Solusi / Cara Mengatasi Masalah Obyek Tidak Ditemukan dan Periode Semester Genap / -Nan Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 TA. 2015/2016"

Post a Comment