Pelaksanaan Kegiatan FLS2N Seleksi Tingkat Provinsi SMP- SMA Tahun 2015 di Palembang Digelar Pada Akhir Bulan Agustus 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Kegiatan tahunan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kembali digelar di akhir Agustus 2015. Siswa berkompeten dan berbakat di bidang seni dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang telah menjalani seleksi tingkat provinsi, akan bertemu di Palembang, Sumatera Selatan, pada 23-29 Agustus 2015 mendatang.

Untuk jenjang pendidikan dasar, tema yang diambil dalam FLS2N kali ini berbeda untuk setiap jenis lomba. Pada Festival Kesenian Seni Tari misalnya, tema yang diangkat adalah “Topeng sebagai sumber inspirasi dalam menggali ide/gagasan siswa dalam mengembangkan budaya bangsa khususnya seni tari”.

Atau untuk lomba vokal, tema yang dipilih adalah “Merajut kebhinekaan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa”. Sedangkan pada jenjang pendidikan menengah terutama SMA, tema besar yang diusung dalam FLS2N adalah “Mewujudkan Revolusi Mental melalui Seni”.

Pada jenjang SMP, ada 12 cabang lomba yang dikompetisikan. Kedua belas cabang lomba tersebut adalah vokal grup, festival kreativitas seni tari, festival musik tradisional, seni baca Al-Quran, cipta cerpen berbahasa Indonesia, kreativitas cerita berbahasa Inggris (story telling), baca puisi, desain poster, lomba seni lukis, lomba desain motif batik, lomba cipta lagu, dan lomba cipta puisi.

Dan pada jenjang SMA, ada tujuh cabang seni yang dilombakan. Dari ketujuh cabang tersebut, tiga cabang adalah pertunjukan dan empat lainnya penciptaan. Yang termasuk pertunjukan adalah baca puisi, tari berpasangan, dan solo vocal. Dan yang termasuk seni penciptaan adalah cipta puisi, film pendek, desain poster, dan kriya.

Seni Pertunjukan adalah seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Seni pertunjukan melibatkan empat unsur, yaitu waktu, ruang, seniman, dan penonton. Sedangkan penciptaan karya seni berupa ekspresi yang berunsurkan keindahan yang diungkapkan melalui media yang bersifat nyata dan dapat dinikmati oleh indera.

Pada FLS2N di tingkat SMA, pengetahuan, wawasan, bahan, dan peralatan peserta dipersiapkan di masing-masing provinsi sesuai dengan tema lomba. (Aline Rogeleonick)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pelaksanaan Kegiatan FLS2N Seleksi Tingkat Provinsi SMP- SMA Tahun 2015 di Palembang Digelar Pada Akhir Bulan Agustus 2015"

Post a Comment