O2SN Tahun 2015, Provinsi Jawa Timur Menjadi Juara Umum Untuk Yang Ke-7 Kalinya

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Walaupun saat ini saya bertugas jauh dari kampung halaman tepatnya di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sejak tahun 2008 yang lalu, melalui artikel ini saya mengucapkan selamat kepada Provinsi Jatim yang kembali menjadi juara umum pada O2SN Tahun 2015.

Saya pribadi ikut bangga akan pencapaian ini, dan semoga provinsi di mana aku dilahirkan dan dibesarkan serta dididik hingga di bangku kuliah ini, semakin berprestasi dan berprestasi lagi. Aamiin…

Berdasarkan informasi yang admin rilis dari Kemdikbud.go.id bahwasannya perhelatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015 secara resmi ditutup hari ini di Hotel Swiss Belinn Makassar, Sulawesi Selatan. Pada ajang olahraga bergengsi tingkat nasional untuk siswa di seluruh Indonesia kali ini, provinsi Jawa Timur keluar sebagai juara umum dan berhak menerima Piala Bergilir O2SN dari provinsi Jawa Barat sebagai juara umum tahun lalu.

Pada ajang yang diselenggarakan di kota dengan julukan Kota Daeng itu provinsi Jawa Timur meraih 18 medali emas, 14 medali perak, dan 15 medali perunggu. Perolehan medali emas juara umum kali ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan perolehan juara umum sebelumnya yaitu sebanyak 27 emas. Namun, provinsi Jawa Timur telah meraih predikat juara umum sebanyak 7 dari 8 kali penyelenggaraan O2SN sejak 2008.

"Selamat kepada provinsi Jawa Timur, juara umum yang pernah lepas dan kembali lagi," demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, saat memberikan laporan penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2015 di Ballroom Hotel Swiss Bellin, Makasar, Sulawesi Selatan, Jumat (7/8/2015).

Hamid mengungkapkan, peluang provinsi lain untuk menjadi juara pun masih terbuka pada O2SN mendatang. Asalkan, kata dia, pembinaan olahraga bagi para siswa dilakukan secara terencana dan terprogram dengan baik. "Kalau itu dilakukan bisa diraih oleh provinsi manapun," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, wakil gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Numang menyampaikan ucapan selamat kepada provinsi Jawa Timur yang telah menjadi juara umum O2SN 2015. Penyelenggaraan ajang ini, kata dia, memang berjalan sukses tetapi jangan hanya sukses dalam penyelenggaraannya saja melainkan juga prestasinya. "Tahun depan kita harus sukses prestasi," tuturnya.

Dalam O2SN kali ini juara umum peringkat kedua diraih oleh provinsi Jawa Barat dengan 15 medali emas, 14 medali perak, dan 12 medali perunggu. Juara umum peringkat ketiga diraih oleh provinsi Jawa Tengah dengan 14 medali emas, 10 medali perak dan 10 medali perunggu. Total medali yang diperebutkan dalam ajang bergengsi tersebut sebanyak 394 medali. (Agi Bahari)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "O2SN Tahun 2015, Provinsi Jawa Timur Menjadi Juara Umum Untuk Yang Ke-7 Kalinya"

Post a Comment