Mengapa NISN Siswa Baru Belum Muncul di Aplikasi Dapodikdas, dan Perlukah Generate Prefill Agar NISN PD Baru Masuk di Aplikasi Dapodik…?

Sahabat Operator Dapodik SD dan SMP yang berbahagia…

Setelah verval PD sudah dikerjakan dengan tuntas sampai dengan tahap konfirmasi data PD, selanjutnya sinkron dari aplikasi Dapodikdas perlu dilakukan untuk menurunkan NISN dari server ke local host. 

Akan tetapi NISN baru akan dapat muncul di aplikasi Dapodikdas setelah proses push data NISN dari server Verval PD PDSP ke server Dapodik.

Sehingga dalam mengupdate NISN ke aplikasi, maka tidak perlu dilakukan generate prefill baru (generate dilakukan misalnya ganti laptop baru). Langkah-langkah mudah untuk menurunkan NISN ke localhost aplikasi Dapodikdas adalah sebagai berikut :

1. Cek terlebih dahulu di links vervalpd.data.kemdikbud.go.id, untuk memastikan presentase pada beranda aplikasi yakni pada residu sudah 100 % (NISN PD telah tampil pada tab “Referensi”).

2. Cek pada progress pengiriman dengan login dengan akun dan password operator sekolah atau menggunakan kode registrasi aplikasi Dapodik pada links berikut.

3.   Cek data peserta didik baru, apakah sudah tercantum NISN pada hasil cek pada server Dapodik.

4.   Jika belum, maka dipastikan generate prefill pun juga tidak akan muncul NISN-nya.

5.  Jika sudah muncul NISN baru di progress pengiriman tersebut, silahkan lakukan sinkronisasi, maka NISN akan turun di local host aplikasi Dapodikdas.

Secara singkat alur NISN ke aplikasi Dapodik setelah sinkronisasi berhasil dilakukan adalah sebagai berikut : Server Dapodik ==> Server PDSP Kemdikbud ==> Push NISN ke server Dapodik ==> Sinkronisasi kembali untuk menampilkan NISN ke Aplikasi Dapodik.

Demikian penjelasan mengenai alur / prosedur NISN tampil di aplikasi Dapodikdas. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas…!

0 Response to "Mengapa NISN Siswa Baru Belum Muncul di Aplikasi Dapodikdas, dan Perlukah Generate Prefill Agar NISN PD Baru Masuk di Aplikasi Dapodik…?"

Post a Comment