Manfaat Penting Blog Guru Untuk Media Pembelajaran Online / E-Learning di Luar Sekolah

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Guru ngeblog di jaman sekarang ini tentu memiliki dampak yang positif, di mana arus informasi dan komunikasi hingga fasilitas internet pun semakin menjangkau sampai di daerah-daerah pelosok. 

Oleh karenanya, hal ini hendaknya menjadi momentum tepat untuk menjadikan fasilitas online yakni blog sebagai salah satu sarana alternatif pembelajaran di luar sekolah.

Saat ini tak dapat dipungkiri lagi, jaman gadget dan kemajuan teknologi terkini membuat beberapa anak yang masih duduk di bangku di sekolah dasar pun telah banyak yang memiliki gadget canggih yang dilengkapi fasilitas internet. 

Hal ini dikarenakan harga gadget yang semakin terjangkau oleh lapisan menengah ke bawah.

Beberapa pelajar pada tingkat SMP bahkan sudah banyak yang memiliki akun Facebook maupun Twitter yang telah dikendalikan sendiri. Dan bagi beberapa orangtua yang kebetulan masih awam tentang teknologi komunikasi terkini, akan memiliki resiko lebih akan penyalahgunaan fasilitas internet oleh putra-putrinya.

Untuk itu, guru sebagai orang tua kedua di sekolah yang dipastikan sedikit banyak telah menguasai TIK khususnya media online berperan dalam mengarahkan penggunaan positif internet yang sudah dikenal luas di kalangan peserta didik sekaligus menyediakan sesuatu media pembelajaran online yang menyenangkan bagi mereka.

Banyak anak tahu dan bisa membuat akun media sosial terkadang bukan dari gurunya akan tetapi bisa belajar dari kakaknya, teman, hingga lingkungan di masyarakat di mana ia tinggal. Oleh karena itu, hal ini perlu disikapi secara serius agar kiranya hal-hal negatif penggunaan internet dapat diminimalisir sedini mungkin, dan bahkan penggunaan internet di kalangan pelajar dapat diarahkan ke hal-hal yang positif seperti halnya adanya blog pembelajaran oleh guru.

Salah satu contohnya, jika gurunya di sekolah memiliki blog, maka PR (pekerjaan rumah) yang biasanya di rumah dapat difasilitasi menggunakan blog gurunya tersebut. Selanjunya, jika ada momen di kelas yang positif, dapat kita bilang ke anak, “Nanti ini akan diunggah di internet”, dengan begitu sang anak pun semakin bersemangat untuk melakukan hal positif karena akan dimasukkan internet, dan berbagai cara positif lainnya.

Penting dibaca : Belajar Internet dari Internet

Bagi guru yang telah menguasai beberapa program tertentu malahan bisa membuat sebuah e-Learning pembelajaran yang lebih intensif bagi peserta didiknya dengan adanya fasilitas login khusus bagi setiap peserta didiknya.

Saya sendiripun hingga saat ini masih belum dapat merealisasikan sepenuhnya hal ini, namun langkah awal telah dimulai, blog ini pun sebagai salah satu media yang dilihat oleh peserta didik saya, semoga dapat menginspirasi mereka, blog khusus E-Learning pun sudah dipersiapkan untuk sekolah di mana saya bertugas sampai nantinya ada sarana dan prasarana pendidikan sekolah yang mendukung, maka fasilitas E-Learning yang sudah terbangun ini tinggal launching dan mengembangkan saja bersama rekan-rekan guru lainnya.

Yang jelas, situasi dan kondisi serba online telah dimulai. Maka pembelajaran berbasis online pun sebaiknya dipersiapkan untuk mengisi pembelajaran siswa di luar sekolah seperti halnya adanya blog guru khusus untuk pembelajaran bagi peserta didiknya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Manfaat Penting Blog Guru Untuk Media Pembelajaran Online / E-Learning di Luar Sekolah"

Post a Comment