Fokus & Konsentrasi Penting Bagi Operator Sekolah Pada Saat Entry Data di Aplikasi Dapodik, Keep Spirit…!

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Jika Anda sebagai operator sekolah, terlebih di sekolah yang terbilang besar, misalnya jumlah PD sampai ratusan, ada kelas jauh dan sebagainya. Maka Anda harus siap lembur, siap bolak-balik ke kepala sekolah, peserta didik maupun rekan guru untuk memastikan data-data yang berkualitas dan akurat.

Ketelitian satu demi satu huruf dan angka akan menentukan “nasib” dari masing-masing entitas data yang sudah kita kirimkan.

Namun, dalam menghadapi aplikasi Dapodik, kita tentu harus tetap fokus dan tenang seperti halnya sopir yang mengendarai motor atau mobil. Kita sebagai “sopir data” dituntut untuk selalu fokus dan konsentrasi dalam proses entry data di aplikasi Dapodik dari demi tabel, kolom demi kolom isian, hingga proses VerVal PD, dan pendataan penting lain yang terkait dengan data tersebut.

Untuk itulah, program kerja harus benar-benar dipersiapkan sedini mungkin, dikarenakan semua program ada deadline / batas akhir pengiriman data seperti halnya periode semester yang terus berganti setiap 6 bulannya….:)

Yang pertama kali harus dipersiapkan tentunya komputer / laptop yang OK dan sehat J, kemudian data dasar yang lengkap, dan pendukung yang tidak kalah pentingnya adalah niat dan semangat. Niat baik dalam partisipasi pendataan pendidikan untuk bangsa Indonesia serta untuk membantu seluruh bagian dari keluarga besar sekolah untuk mendapatkan haknya, insya Allah semangat pun akan semakin bertambah.

Dengan menjadi operator sekolah, kadangkala akan merasakan sedih, salah satu contohnya di kala input data peserta didik kelas 1 SD yang sudah yatim atau bahkan yatim piatu. Kemanusiaan kita akan bangkit bagaimana agar anak ini bisa mendapatkan BSM / PIP nantinya.

Cukup sekian dulu, curhat saya yang masih harus mendapatkan tugas tambahan sebagai operator sekolah di tahun ajaran 2015/2016 ini. Semoga sedikit atau banyaknya ada manfaatnya… Aamiin… Salam satu data berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Fokus & Konsentrasi Penting Bagi Operator Sekolah Pada Saat Entry Data di Aplikasi Dapodik, Keep Spirit…!"

Post a Comment