Cara Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kompetensi / Kemampuan Menulis Yang Tepat Melalui Blog / Website Pribadi

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam pencapaian kompetensi dalam bidang apapun, kebiasaan ataupun latihan yang terus-menerus menjadi kuncinya. Seperti halnya kata bijak, “bisa karena terbiasa”, “sempurna karena berlatih”, “belajar satu menit untuk menjadi tahu, dan belajar selamanya untuk menjadi ahli”.

Dari beberapa kalimat bijak yang memotivasi tersebut memang sangat benar adanya. Sebagai salah satu contohnya adalah ketika seorang anak kecil yang baru mulai belajar mengendarai sepeda yang seringkali jatuh dan terluka berkali-kali, hingga pada akhirnya ia pun benar-benar bisa.

Dan setelah ia bisa maka sistem kerja yang membentuk kompetensi anak dalam hal mengendarai sepeda tersebut suatu ketika pasti sampailah pada level “automatically without thinking” atau tak lagi memerlukan proses berfikir yang terlalu berat dalam melakukan sesuatu seperti halnya gerak reflek yang terjadi secara tiba-tiba, konstan, dan tentunya tepat, karena  kebiasaan pada titik tertentu itulah yang akan menentukan kemampuan seseorang.

Begitu juga dalam kemampuan menulis, di jaman di mana teknologi informasi dan komunikasi telah pesat ini, interaksi antara manusia pun semakin didominasi menggunakan fasilitas TIK termutakhir. Dan menurut saya, blog / website pribadi akan dapat menjadi sarana paling efektif dibandingkan dengan menulis di Medsos. Dikarenakan di media sosial hanya beberapa teman saja yang bisa membaca tulisan kita, akan tetapi jika di blog / website pribadi, pembacanya bisa dikatakan tak terbatas tergantung optimasi blog tentunya. Jika pun bisa menggunakan blog sekaligus media sosial tentu akan semakin baik lagi feedback-nya.

Akan tetapi, dengan adanya blog / website pribadi pun, pengelolaan, langkah dan tindakan bijak dalam pemanfaatannya pun harus benar-benar telah direncanakan dengan baik agar blog memiliki arah yang jelas dan positif juga bagi pembaca sekaligus kita sebagai admin.

Sehubungan dengan hali ini, saya akan berbagi sedikit kisah pribadi saya di mana pada beberapa tahun yang lalu, menulis merupakan sesuatu yang kurang saya sukai, walaupun membaca telah menjadi hobi sedari dulunya.

Alhamdulillah, mulai sekitar akhir tahun 2013 melalui blog ini, mencoba berkarya sambil belajar atau bisa juga belajar sambil berkarya. Ternyata dengan memiliki blog kita dituntut untuk menghadirkan tulisan yang benar, susunan dan tata bahasa yang terstruktur dan sistematis, dan pastinya yang paling penting adalah menulis dengan benar melalui rangkaian huruf demi hurufnya pada keyboard komputer yang digunakan.

Dengan blog yang pembacanya tak terbatas ini, tentu sangat memaksa seorang blogger untuk terus menghadirkan konten-konten yang layak dipublikasikan sekaligus dikonsumsi oleh seluruh pengunjungnya dengan syarat utama tulisan enak dibaca, jelas, dan minim kesalahan ejaan, agar kesalahpahaman dapat diminimalisir, syukur jika bisa sempurna.

Namun kemampuan menulis yang baik hanya didapat bagi orang yang mau menulis karya yang original / karya asli tentunya. Karena dengan menulis secara mandiri, secara bertahap dan terus-menerus dipastikan seseorang akan banyak menemukan kekurangan yang ada pada dirinya, sehingga pembelajaran dan perbaikan pun akan terus dilakukan secara berkelanjutan dengan terus menulis, menulis, dan menulis ketika ada waktu luang sesuai dengan pengalaman pada suatu bidang yang benar-benar telah dikuasai.

Untuk membuat blog pun kini sangat mudah caranya, telah banyak panduan yang telah dishare oleh master blogger senior lainnya secara tuntas. Yang terpenting adalah adanya kemauan untuk selalu belajar, insya Allah jalan pun akan selalu ada. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kompetensi / Kemampuan Menulis Yang Tepat Melalui Blog / Website Pribadi"

Post a Comment