Berani Belajar Otodidak Lebih Baik Daripada Belajar / Berguru Pada Orang Yang Salah

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Ilustrasi berikut mungkin akan menjadi uraian dan maksud saya dalam tema belajar otodidak ini :

Suatu ketika, si A akan pergi ke sebuah tempat di mana ia pun baru untuk yang pertama kalinya mengunjungi tempat itu. Ia pun bertanya pada seorang yang sama-sama lewat di jalan yang sama, katanya arahnya setelah simpang pertama di depan belok kiri.

Si A pun mengikuti apa kata orang tersebut, dan ternyata jalan tersebut salah, kemudian si A kembali bertanya kepada seseorang bapak yang kebetulan sedang merumput di tepi jalan di mana ia merasa tersesat, lalu dijawablah oleh bapak tersebut, silahkan Anda kembali lagi, setelah menemukan simpang yang kedua silahkan belok ke kanan, kira-kira 100-an meter kamu akan sampai pada tempat tersebut.

Dan singkat cerita, ternyata apa yang disampaikan bapak itu benar. Padahal kalau ia dari tadi mau langsung mencoba belok kanan pada simpang yang sebelumnya, maka ia pun pasti sudah akan menemukan tempat yang sudah ada photo rumah yang telah ia bawa.

Dari uraian kisah di atas, tentu saja dalam mencari ilmu pun berlaku demikian. Hendaknya kita berguru pada orang yang benar-benar paham akan bidang keilmuannya. Dan intinya adalah belajarlah pada orang yang tepat baik kompetensinya, reputasinya, dan pertimbangan positif lainnya.

Jangan sampai seperti ilustrasi di atas, bertanya pada orang yang salah sehingga hasilnya juga tentu akan salah. Akan tetapi jika belum atau bahkan tak mendapatkan pembimbing, beranilah untuk melangkah dan bertindak maju seperti waktu yang terus melaju tiada henti, yakni dengan belajar otodidak.

Beranilah belajar otodidak pada sesuatu yang menjadi minat Anda. Dalam otodidak, tentunya kita akan lebih sering melakukan kesalahan, akan tetapi semakin banyak kesalahan yang tidak kita inginkan bahkan mungkin terkadang tidak kita sadari hal tersebut otomatis menambah pengalaman.

Seperti halnya kisah di atas, seandainya si A berani salah dulu, maka ia pun dipastikan akan semakin banyak jalan yang ia tahu, semakin banyak simpang yang mulai ia kenal, dan pengalaman baru lainnya.

Dengan semakin banyaknya pengalaman, maka kesalahan pun akan semakin dapat kita minimalisir ke depannya, karena kesalahan yang telah lalu selalu efektif menjadi cambuk berharga bagi seseorang untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Berani Belajar Otodidak Lebih Baik Daripada Belajar / Berguru Pada Orang Yang Salah"

Post a Comment