Beberapa Hal Inilah Yang Bisa Membuat Pusing Operator Sekolah Dalam Proses Entry Data di Aplikasi Dapodik

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Dalam pengisian data apapun, dokumen fisik yang legal sebagai lampiran dari form isian data dipastikan sangat penting dalam akurasi dan kevalidan data tersebut.

Tak terkecuali dalam proses entry data aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) SD, SMP, SLB, SMP, SMA, SMK, maupun SLB, data yang terkait dengan sekolah, PTK, peserta didik, maupun data penting terkait dalam lingkup satuan kerjanya.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika sebelum kegiatan pendataan dimulai, sosialisasi pada tingkat sekolah dengan menghadirkan seluruh orangtua / wali murid sangat penting dilakukan. 

Dikarenakan pemahaman anak dengan orang tua jelas jauh berbeda, terlebih ini menyangkut data dasar peserta didik bersangkutan untuk kepentingan melanjutkan ke jenjang pendidikan ke depannya.

Baca juga : Fokus dan Konsentrasi Penting Bagi Operator Sekolah Pada Saat Entry Data Di Aplikasi Dapodik

Inilah beberapa hal yang membuat pusing operator sekolah, termasuk saya juga barusan J, sehingga dengan sangat terpaksa, beberapa form di antara ratusan form yang kurang tersebut harus saya beri tanda “BelumJ, dan setelah semuanya lengkap atau setidaknya data utama sudah dapat dipertanggungjawabkan, barulah akan kembali saya input ke aplikasi Dapodik, hal yang membuat pusing tersebut di antaranya adalah :

1.   Isian data pada formulir tidak lengkap / tidak sesuai dengan dokumen fisik.

2.  Form Peserta Didik tidak melampirkan photo copy Akta Lahir dan KK (Kartu Keluarga), padahal ini penting untuk cek validasi antara data yang tertulis di form PD dengan dokumen fisik sebagai data dasar. (Akta lahir untuk data dasar tempat dan tanggal lahir & nama ibu kandung, dan KK untuk cek NIK / Nomor Induk Kependudukan peserta didik bersangkutan). Selain itu juga perlu photocopy KPS (Kartu Perlindungan Sosial) bagi PD yang orang tuanya sebagai pemegang KPS, maupun dokumen fisik penting lainnya.

3.   Photo copy pada dokumen fisik tidak jelas, mungkin kabur, terlalu blur, dan sebagainya, sehingga dalam proses entry seringkali harus diperbaiki karena adanya kesalahan yang terjadi akibat hal tersebut.

4.   Dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya jika rekan-rekan menemui beberapa permasalahan di atas, silahkan diminta ulang saja pengumpulan bahan pendukung data utama tersebut dan tentunya lebih cepat lebih baik. Sehingga diharapkan ke depannya tidak terjadi kesalahpahaman di antara kita… J Semoga bermanfaat dan terimakasih... Selamat lembur dalam mewujudkan data berkualitas Sobat...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Beberapa Hal Inilah Yang Bisa Membuat Pusing Operator Sekolah Dalam Proses Entry Data di Aplikasi Dapodik"

Post a Comment