Pembagian Wilayah Kopertis Tahun 2015 dan Cara Melihat / Mengetahui Status Akreditasi Program Studi Pada Kampus / Universitas / Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) didirikan pada tahun 1994 berlandaskan UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan diperkuat dengan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

Sebagai satu satunya badan akreditasi yang diakui oleh pemerintah pada waktu itu, BAN-PT memiliki wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, serta program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar.

Beberapa perubahan penting terkait dengan sistem akreditasi sejak diundangkannya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional antara lain (1) dari akreditasi sukarela menjadi wajib, (2) dari akreditasi program studi menjadi akreditasi program studi dan institusi, (3) dari sistem penjaminan mutu internal sukarela menjadi wajib, dan (4) dari badan akreditasi tunggal menjadi majemuk.

Lebih lanjut, dengan telah diundangkannya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta telah dikeluarkannya Permendikbud No. 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, fungsi utama BAN-PT mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dengan adanya pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) untuk ilmu-ilmu serumpun yang merupakan amanat dari undang-undang (UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

BAN-PT setidaknya memiliki enam peran dan tugas, yaitu :

(1)  mengembangkan sistem akreditasi nasional;
(2)  melaksanakan akreditasi institusi;
(3)  melaksanakan penilaian kelayakan prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti;
(4)  memberikan rekomendasi dan
(5)  evaluasi terhadap LAM, serta
(6)  melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

Alamat Kantor dan Kontak BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) :

Komplek Ditjen. Mandikdasmen, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan RI, Gd D, Lantai 1. Jl. RS. Fatmawati - Cipete, Jakarta Selatan 12410 Telp : +62 21-7694403, 75913561, 7698035 Fax: +62 21-7668690 Email: sekretariat.banpt@kemdikbud.go.id - Email: ban-pt@gmail.com

Selanjutnya, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta atau disingkat Kopertis adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya. Kopertis ini awalnya bernama Lembaga Perguruan Tinggi Swasta (LPTS). Wilayah kerja Kopertis di Indonesia dibagi menjadi 14 wilayah yang mencakup 34 provinsi, yaitu:

1.   Kopertis Wilayah I : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Sumatera Utara.
2.  Kopertis Wilayah II : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi: Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung.
3.  Kopertis Wilayah III : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Banten.
4.   Kopertis Wilayah IV : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Jawa Barat.
5.   Kopertis Wilayah V : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi: DI Yogyakarta
6.   Kopertis Wilayah VI : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Jawa Tengah
7.   Kopertis Wilayah VII : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Jawa Timur
8.   Kopertis Wilayah VIII : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur), NTB (Nusa Tenggara Barat), dan Bali.
9.   Kopertis Wilayah IX : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.
10.  Kopertis Wilayah X : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Jambi.
11.   Kopertis Wilayah XI : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.
12.    Kopertis Wilayah XII : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.
13.    Kopertis Wilayah XIII : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Nangro Aceh Darusalam (NAD).
14.    Kopertis Wilayah XIV : Perguruan Tinggi di Wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.


Untuk cek status akreditasi dari masing-masing perguruan tinggi di Indonesia dapat dilihat pada links berikut. Setelah berhasil masuk, silahkan pilih Kopertis Wilayah antara I s.d XIV, lalu klik pada icon “Cari”. Demikian share informasi mengenai cara cek status akreditasi perguruan tinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terimakasih…Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pembagian Wilayah Kopertis Tahun 2015 dan Cara Melihat / Mengetahui Status Akreditasi Program Studi Pada Kampus / Universitas / Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia"

Post a Comment