Hidup Penuh Keberkahan Menjadi Dambaan Setiap Insan / Manusia

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Hidup yang sekali bagi setiap manusia di dunia fana ini, tentu saja memiliki tujuan tiada lain tiada bukan adalah untuk menebar kebaikan yang akan kembali pada pelakunya sendiri berupa kebahagiaan ataupun kedamaian dalam hidup maupun sebagai bekal kelak sesudah hidup di dunia ini.

Secara bahasa, berkah / berkat diartikan sebagai karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Jadi secara luas, pengertian berkat adalah segala sesuatu yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang dapat mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia secara umum. 

Dan tentu saja kata berkah tidak dapat dikonotasikan secara negatif, dikarenakan berkah memang identik dengan kebaikan dan atau kebenaran yang tentu saja tidak melanggar aturan-aturan Tuhan itu sendiri, dan aturan-aturan itu telah diajarkan kepada setiap pemeluk agama melalui utusan-utusan-Nya yakni Nabi dan Rosul.

Bicara tentang kehidupan, lama ataupun tidaknya hidup tidak menjadi tolok ukur dalam keberkahan itu sendiri, seperti halnya banyak ataupun kuantitas juga bukan jaminan, akan tetapi keberkahan cenderung kepada nilai dan kualitas yang dapat menimbulkan kebaikan dan kebahagiaan yang hakiki dalam hidup.

Selanjutnya, dunia ini memang merupakan lahan ujian bagi setiap insan yang sabar dalam mengarungi samudera hidup, di mana cobaan, gangguan, serta iming-iming kebahagiaan semu pun seringkali menjerumuskan manusia tertentu untuk terlena dalam kesenangan yang sesaat, singkat, dan tentu fana (tidak kekal) seperti sifat dari kehidupan duniawi itu sendiri.

Oleh karena itu, beruntunglah manusia yang senantiasa memprioritaskan kebaikan dalam setiap langkah hidupnya, umur panjang penuh kebaikan, umur pendek pun demikian, dan alangkah meruginya jika berumur panjang akan tetapi miskin dari kebaikan. Namun tetap pintu tobat akan senantiasa terbuka hingga ajal menjemput.

Semoga kita semua tergolong manusia yang mengutamakan kualitas hidup bukan semata kuantitasnya. Tidak mau melempar batu jika rumah kita tak mau dilakukan hal yang sama. Menyayangi sesama seperti menyayangi saudara kita. Insya hidup ini akan indah, yang mudah menghormati yang muda dan yang muda menghargai yang muda. Dan tentunya siapapun yang selalu menanam kebaikan, maka kebaikan / keberkahan pulalah yang akan ia tuai. Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hidup Penuh Keberkahan Menjadi Dambaan Setiap Insan / Manusia"

Post a Comment