Cara Melihat / Mengetahui Nomor Peserta UN SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2015 Dari Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Data peserta didik mulai tahun pelajaran 2014/2015 merupakan hasil pengumpulan data melalui aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen yang terintegrasi dalam pengelolaan Data Warehouse Kemdikbud yang bersifat Online.

Karena bersifat online maka perlu adanya koordinasi terkait dengan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (verval PD) yang bertingkat dari Satuan Pendidikan, Dinas Kabupaten/Kota, Dinas Provinsi dan Pusat.

Tabel-tabel data individual peserta didik dan rangkuman data mulai dari satuan pendidikan, kab-kota, provinsi dan nasional merupakan hasil akumulasi dari proses pengelolaan DAPODIK (pengumpulan, integrasi, verifikasi-validasi, dan kompilasi).

Nomor peserta ujian nasional dari masing-masing peserta didik yang sudah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) setelah dilakukan Verval PD ataupun telah terdaftar di aplikasi Dapodik secara keseluruhan pada suatu sekolah dapat dilihat dengan cara sebagai berikut :

1.   Kunjungi links situs http://pd.data.kemdikbud.go.id.

2.   Silahkan klik “Log in”.

3.   Masukkan Username dan Password seperti yang digunakan pada saat login di aplikasi Dapodik atau yang digunakan pada login pada laman Verval PD. Setelah itu klik pada tombol "Log in".

4.   Setelah muncul tampilan kelas terakhir, untuk SD kelas 6, kelas 9 untuk SMP, dan kelas 12 untuk SMA/SMK, silahkan klik pada icon “Export to PDF”, setelah proses export selesai, silahkan buka hasil unduhan tersebut dengan Excel.

5.   Cek kembali kebenaran data khususnya pada bagian Nomor Peserta UN berdasarkan SKHUN peserta didik bersangkutan. Jika ada kesalahan, silahkan perbaiki kembali data NISN peserta didik tersebut pada aplikasi Dapodik.

Sekilas informasi, untuk versi aplikasi Dapodikdas di tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan aplikasi generasi ke-4 atau pada versi aplikasi Dapodikdas v.4.0.0 yang kemungkinan akan dirilis setelah Hari Raya Idul Fitri 1436 H / 2015 ini pada links situs dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

Sedangkan untuk aplikasi Dapodikmen 2015/2016 yang aktif dan terupdate saat ini menggunakan versi aplikasi Dapodikmen 8.1.4 yang selengkapnya dapat dilihat pada situs dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

Demikian cara cek Nomor Peserta UN untuk SD, SMP, dan SMA/SMK yang berasal dari aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Melihat / Mengetahui Nomor Peserta UN SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2015 Dari Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen"

Post a Comment