Blog Bisa Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Sekolah Bagi Guru, Peserta Didik, dan Masyarakat

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Tantangan jaman sekarang ini juga berlaku untuk Rekan Guru. Blog sebagai sarana alternatif pembelajaran pun tak dapat dianggap remeh lagi. 

Dengan media online, peserta didik dapat melihat apapun yang terkait dengan pembelajaran yang dipandu oleh gurunya sendiri di sebuah blog khusus untuk media pembelajaran atau istilah kerennya sebagai Elearning (Electronic Learning).

Oleh karena itu sahabat guru, isi luang waktu Anda untuk membuat blog pembelajaran, jika pun belum siap untuk membuat blog pribadi. 

Alternatif lain, mungkin sekolah Anda belum memiliki blog? Silahkan koordinasi dengan Kepala Sekolah dan seluruh keluarga besar PTK dan orang tua untuk membuat blog. Jikapun tidak tersedia dana yang cukup, silahkan buat saja blog gratisan. 

Blog sekolah tentu memiliki fungsi strategis sebagai media informasi sekolah kepada seluruh keluarga besar internal sekolah (PTK maupun peserta didik), dan juga kepada khalayak / masyarakat umum.

Tidak masalah, blog sekolah saya pun dulunya juga gratisan, tapi Alhamdulillah juga diperhitungkan dalam ajang lomba antar kabupaten kota se-provinsi Jambi berturut-turut di tahun 2013 mendapatkan juara 3 dan di tahun 2014 mendapatkan juara 2 untuk kategori website sekolah tingkat SMP (sederajat).

Yang terpenting dalam sebuah blog itu pada dasarnya adalah pada konten/isi dari situs tersebut bukan? Semangat blog guru Indonesia, sehingga ke depan kebiasaan menulis bagi guru juga akan berdampak positif bagi seluruh siswa-siswi kita, dan semoga kita semua bukan semata menjadi guru yang dapat memotivasi peserta didik kita, akan tetapi juga mampu menjadi guru yang menginspirasi bagi mereka untuk senantiasa berkarya, berkreasi, dan berinovasi sepanjang masa. Aamiin…Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Blog Bisa Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Sekolah Bagi Guru, Peserta Didik, dan Masyarakat"

Post a Comment