Beberapa Hal Yang Paling Berkesan Selama Menjadi Operator Sekolah Oleh 5 Pemenang Kuis Untuk Pendidikan (Kuundi) Edisi Ke-1 Tahun Pendataan 2015/2016

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Sebagaimana visi dari blog ini adalah untuk berpartisipasi aktif dalam dunia pendidikan di Indonesia, mulai dari share informasi seputar pendidikan, panduan / tutorial aplikasi pendidikan, maupun beberapa hal lainnya yang tentunya masih dalam ranah pendidikan.

Maka untuk menambah jalinan silaturahmi dengan saling bertukar pengalaman, maka saya pribadi mengadakan program KUUNDI (KUis UNtuk penDIdikan) Sebagai upaya partisipasi blog ini pada dunia pendidikan.

Untuk pertama kalinya KUUNDI Edisi ke-1 saya dedikasikan khusus untuk Rekan Operator Sekolah, dan tak menutup kemungkinan pada edisi selanjutnya juga akan saya kembangkan untuk Rekan-rekan Guru maupun PTK lainnya agar lebih seru dan lebih banyak manfaat positif ke depannya..


Akan tetapi untuk memudahkan penilaian dan juga moderasi komentar, maka kuis KUUNDI (KUis UNtuk penDIdikan) untuk tahap pertama hanya bisa diikuti oleh Rekan-rekan yang sudah tergabung dalam grup Facebook Dapodik yang mana grup ini saya dedikasikan untuk saling bersilaturahmi dan tentunya saling berbagi informasi khususnya terkait dengan Dapodik.

Menjelang pengumuman pemenang terbaik pada KUUNDI (KUis UNtuk penDIdikan) edisi ke-1 yang admin adakan melalui grup Dapodik sebagai media berbagi informasi seputar Dapodik dan informasi pendidikan.

Maka pada kesempatan kali ini saya tampilkan 5 rekan yang mana berdasarkan penilaian admin merupakan pengalaman yang benar-benar paling berkesan dan tentu saja semuanya berkesan akan tetapi memang kebetulan hanya 5 yang harus dipilih untuk mendapatkan hadiah berupa pulsa elektronik sebagai berikut :

Pemenang 1 (Pertama) : Sdri. Bunda Fathiya Annida

Saya... sebagai OPS pengganti, 2012 memulai segala pekerjaan, saat semua OPS se-kabupaten dikumpulkan untuk patch + kode registrasi baru ternyata sekolah saya tidak memiliki kode registrasi.

Saya bingung sedih, tiap hari ke dinas kabupaten tapi tak ada kepastian, sampai akhirnya waktu tinggal kurang lebih 1 bulan untuk SK aneka tunjangan saya mendapat kode registrasi... saya lega, tapi setelah dibuatkan prefill, ternyata hanya ada nama sekolah... tanpa Sarpras, tanpa PTK, tanpa Siswa.

Waktu tinggal satu bulan, dan saya yang sedang hamil muda mengerjakan semua itu, saya.... pernah 24 jam tanpa terlelap.

Saya ke sana ke mari karna gagal sinkron, saya stay di warnet seperti ABG, saya yang gagal back up data pernah minta bantuan teman, dan saya beberapa kali flek dan ketuban dini hingga harus lahiran dengan cara operasi.

Sekarang semua data baik, tunjangan PTK lancar, dana BOS lancar, saya bahagia untuk itu. terimakasih terbesarku buat suami yang memahami keadaanku dan bukan berapa besar yang kuterima, tapi ini sebuah kebanggaan karna tak semua mampu. saya bangga jadi OPS.

Pemenang 2 (Kedua) : Sdri. Syafriawanicta Ict

Hal yang paling berkesan selama saya bekerja/bertugas menjadi operator sekolah dan tak terlupakan adalah ketika pertama menjadi operator sudah mendapat pujian dari Bpk. Kepala Bag. ICT Disdik kabupaten setelah mengecek laptop saya dan hasil kerja saya benar dan pengisian data valid di hadapan kepsek saya dan rekan-rekan operator yang lain, padahal rekan operator lain masih banyak yang belum valid, maklum saja pekerjaan ini merupakan hal yang masih baru.

Hal ini menjadi kebanggaan Kepsek saya dan menambah sayangnya Kepsek kepada saya, sehingga permintaan saya untuk dibelikan laptop baru dan minta dinaikkan honor operator saya dengan senang hati Kepsek mengabulkannya, alhamdulillah..

Pemenang 3 (Ketiga) : Sdri. Dheyva See Nyow

Hal yang paling berkesan menjadi operator adalah pertama kali di angkat menjadi operator, jadi saya tidak tahu apa yang mau dikerjakan. Akhirnya ada tugas di web dapodik tentang up date data sekolah untuk di sinkronisasikan. jadi, saya belajar sama teman yang sudah menjadi operator.

Saya berlari mengejar waktu karna data harus sinkronisasi jam 12 malam. Alhamdulilah data sudah di sinkron, 5 menit kemudian. Eeeh...... up date datanya diperpanjang 1 hari lagi. Heee... Jadi, dapat saya simpulkan, janganlah kita menunda-nunda pekerjaan. OK !!

Pemenang 4 (Keempat) : Sdr. Halley Kawistoro

Hal yang berkesan ketika menjadi operator adalah mendapat pemahaman tentang dunia pendidikan secara luas. 

Hal itu dikarenakan informasi terus terbarukan melalui internet.

Dan yang terpenting adalah kepuasan tersendiri ketika mampu menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam kerja plus mampu meningkatkan kualitas diri secara bertahap dan mendapat rekan yang saling memahami tidak hanya di jejaring sosial.

Pemenang 5 (Kelima) : Sdr. MasAndi Doank

Selama menjadi OPS tahun 2012, sangat terkenang ketika semua OPS berkumpul untuk mendapatkan ilmu yang baru untuk kemudahan pengiriman data sekolah ke server Dapodik. Penuh dengan suasana serius, canda dan tawa yang hangat.

Dengan rasa tanggung jawab mengerjakan tugas-tugas tak terpengaruh oleh suasana dan waktu yang telah dilewati demi satu data yang berkualitas dan tepat waktu. Terasa senang dan lega ketika data telah tersinkron dan data telah masuk ke server 

Dapodik dengan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. dengan kesibukan dan rasa tanggung jawab yang diemban bagi operator, saya sebagai operator berharap agar para operator se-Indonesia mendapatkan kedudukan dan pendapatan yang tetap demi pendataan yang murni dan berkualitas. Salam Satu Data.

Demikian pengumuman pemenang KUUNDI Edisi 1. Sampai berjumpa lagi pada Kuis Untuk Pendidikan KUUNDI) Edisi Ke-2 pada bulan depan. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Beberapa Hal Yang Paling Berkesan Selama Menjadi Operator Sekolah Oleh 5 Pemenang Kuis Untuk Pendidikan (Kuundi) Edisi Ke-1 Tahun Pendataan 2015/2016"

Post a Comment