Pentingnya Selalu Mengendalikan Emosi Diri Dalam Setiap Keadaan / Situasi

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Pengertian / definisi emosi sering dikonotasikan dengan keadaan marah, padahal emosi itu bukan hanya marah akan tetapi segala luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat dan merupakan reaksi psikologis dan fisiologis seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan, kecintaan, keberanian yang bersifat subjektif (berdasarkan pandangan / perasaan sendiri).

Oleh karena itu dalam menjalani setiap keadaan / situasi yang terjadi, seperti halnya di jalan raya yang tentunya ramai dan padatnya kendaraan yang lalu lalang, terkadang dijumpai adanya pengendara lain baik roda empat maupun roda dua bahkan pejalan kaki tentu saja akan seringkali memancing emosi kita untuk cenderung marah, jengkel, tak habis pikir, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dari semua pancingan emosi ini, demi keselamatan kita sendiri maupun teman berkendara maka kontrol emosi sangat penting bagi kita. Jangan pernah terpancing apabila ada pengendara yang menyalip kendaraan kita, kadangkala sudah nyalipnya kencang, gak pake bel, pake “ngipas” lagi, hemz… kita tentu saja sangat kaget, dan spontan kontrol emosi kita pun diuji. 

Jika terjadi, silahkan tarik nafas dalam-dalam dan panjang saja, biarkan mereka menempuh cara hidupnya sendiri, dan semoga yang melakukan hal seperti itu semoga selamat sampai tujuan.

Dalam kehidupan ini pun tak jauh berbeda dengan hiruk pikuknya kendaraan di jalan raya, emosi dapat diasah, jangan terlalu meluap kegembiraan dan jangan terlalu dalam merasakan kesusahan, semuanya telah diatur oleh Allah SWT, kita hanya menjalani peran dalam kehidupan yang sekali ini. Hidup adalah kesempatan satu-satunya untuk melakukan yang terbaik.


Insya Allah dengan selalu mengendalikan emosional kita pada titik aman. Kendalikan diri ketika bahagia ataupun susah maupun marah, maka hidup kita pun akan semakin dapat kita nikmati dari hari demi harinya dan tentu saja cara hidup seperti ini akan dapat meminimalisir penyesalan-penyesalan dan resiko-resiko besar yang tidak pernah kita inginkan di kemudian hari. Karena seringkali penyesalan-penyesalan merupakan akibat dari adanya langkah-langkah yang sudah diambil akan tetapi cenderung tidak terkendali / terkontrol secara benar.

Pada akhirnya, semoga kita semua dapat senantiasa mengendalikan dan mengontrol emosi kita dalam situasi dan keadaan yang bagaimanapun juga, sehingga kesenangan sekaligus ketenangan dalam menjalani hidup dari waktu ke waktu pun dapat kita raih… Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pentingnya Selalu Mengendalikan Emosi Diri Dalam Setiap Keadaan / Situasi"

Post a Comment