Pentingnya Memiliki Cita-Cita Yang Tinggi Lebih Dari Kemampuan Yang Ada Sekarang

Sahabat Edukasi yang berbahagia….

Jika burung terbang dengan sayapnya, maka manusia terbang dengan cita-citanya. Cita-cita adalah keinginan (kehendak hati) yang selalu ada di pikiran. Seseorang yang memiliki cita-cita ini akan selalu mengusahakan tercapainya tujuan ataupun untuk menjadi atau meraih tujuan yang sempurna (yang akan dicapai atau dilaksanakan dengan sungguh-sungguh).

Seberapa besar cita-cita seserang akan selalu sebanding dengan motivasi / dorongan dari dalam dirinya untuk mencapai tujuan tersebut. 

Maka, cita-cita tinggi akan mampu memberikan energi lebih dan juga kekuatan lebih untuk mencapainya.

Jika diibaratkan saja, seorang anak yang akan melempar mangga di atas pohon yang tinggi, jika targetnya adalah buah yang berada di cabang paling bawah, jika meleset maka ia pun tak akan mendapatkan apa-apa, kecuali daun-daun atau ranting yang terjatuh karena lemparan batunya. 

Berbeda halnya dengan seorang anak lainnya yang kebetulan melempar ke sasaran buah yang paling tinggi, kemungkinan besar untuk mendapatkan buah mangga itu pun lebih besar, dan bahkan mungkin akan lebih banyak lagi karena batu maupun buah yang terjatuh itu juga menyasar buah-buah lainnya di bawahnya sehingga runtuh pulalah ia.

Jika pun lemparan tinggi itu pun meleset, maka kemungkinan masih ada untuk mendapatkan buah-buah yang berada di bawah mangga yang pertama kali menjadi targetnya. Dan tentunya, energi yang dikeluarkan dari mereka berdua tentu saja berbeda, semakin tinggi lemparan semakin tinggi pula usaha dan daya yang muncul.

Begitu juga dengan realita kehidupan ini, di mana seseorang yang memiliki cita-cita yang tinggi, baik, dan jelas, dengan syarat utama cita-cita tersebut masih realistis, masuk akal, dan tentu saja baik dan benar maka dipastikan kelak juga akan sampai pada tujuannya. Karena waktu demi waktu yang berjalan, sang pemilik mimpi akan selalu terbayang akan cita-citanya, hingga ia akan lebih responsif dalam menangkap segala indikator yang akan dapat menjadi faktor-faktor penting dalam pencapaian/perwujudan tujuan.

Oleh karena itu, kesempatan masih terbuka untuk siapa saja yang ingin mendapatkan kualitas hidup yang terbaik. Dan yang terbaik akan selalu memberdayakan sekaligus selalu mengembangkan bakat, minat, dan kecenderungan diri terhadap apa yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Pencipta. 

Dan dengan memiliki cita-cita yang tinggi, motivasi untuk bergerak aktif, berkembang, dan maju pun lebih besar. Dengan demikian sesuatu yang masih jauh pun akan semakin mendekat, yang sulit menjadi semakin mudah, hingga yang tidak mungkin pun bisa menjadi mungkin. Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pentingnya Memiliki Cita-Cita Yang Tinggi Lebih Dari Kemampuan Yang Ada Sekarang"

Post a Comment