Tips / Solusi Gagal Masuk di Sekolah / Madrasah Favorit Yang Diharapkan

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Biasanya seluruh peserta didik yang telah lulus dari suatu jenjang pendidikan baik SD/MI maupun SMP/MTs yang akan melanjutkan sekolah/madrasah ke jenjang yang lebih tinggi dipastikan sudah memiliki sebuah pilihan sekolah lanjutan yang dianggap favorit, sehingga mereka akan berjuang sebisanya dalam mencari informasi tentang jadwal pendaftaran maupun seleksi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) hingga jadwal pengumuman PPDB pada sekolah/madrasah bersangkutan.

Akan tetapi, pada kenyataannya setiap sekolah/madrasah yang dianggap favorit oleh masyarakat memiliki daya tampung yang terbatas tergantung dari kesiapan sarana dan prasarana serta sumber daya pendidikan lainnya yang telah disiapkan oleh sekolah tersebut tentunya. 

Sehingga dari pendaftar yang bahkan pada suatu sekolah hingga mencapai ribuan, setelah dilakukan seleksi baik secara administratif, tes tulis maupun lisan, dan seleksi lainya namun ternyata yang diterima jumlahnya hanya ratusan saja. Ini tentu menyebabkan ratusan calon peserta didik yang tidak berhasil alias gagal diterima sedikit atau banyaknya dipastikan kecewa.

Kekecewaan ini tentu saja hal yang wajar dan manusiawi, di mana keinginan yang terkadang telah muncul selama bertahun-tahun untuk dapat mengenyam pendidikan di sekolah/madrasah yang diidamkannya tersebut ternyata tidak dapat menjadi kenyataan. 

Akan tetapi bagi kalian semua yang kebetulan belum mendapatkan kesempatan belajar di sekolah tersebut jangan sampai kekecewaan ini semakin dalam apalagi sampai putus asa tentu saja akan malah merugikan diri-sendiri, masih ada alternatif sekolah lain, percaya seluruh sekolah di Indonesia adalah berkualitas ke depannya.

Pada hakikatnya, toh dalam perjalanannya pun nantinya seberapa semangat dan ikhlasnya pembelajaran dari anda sendirilah yang akan menentukan seberapa kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang akan menjadi faktor utama dalam efektifitas pembelajaran itu sendiri, karena peran sarana prasarana dan bapak ibu guru adalah sebagai fasilitator / media pembelajaran kalian. Oleh karena itu, motivasi untuk mau terus belajar dari diri-sendiri itu adalah yang terpenting di manapun kalian melanjutkan pendidikan nantinya.

Sehingga, jika di antara kalian ada yang kebetulan mengalami kegagalan untuk masuk di sekolah/madrasah yang telah diinginkan sejak lama, maka solusi terbaik adalah pilih sekolah lain yang sekiranya kamu anggap memiliki kualitas pembelajaran yang tidak kalah dengan sekolah pilihan awalmu, dan jikapun masih gagal, jangan menyerah karena tujuanmu sebenarnya adalah untuk tetap belajar, baik juga pilih sekolah yang berada yang paling dekat dengan tempat tinggal kalian, selain dekat dengan keluarga, kalian juga akan dapat lebih memahami potensi dari daerahmu tersebut.

Terus ciptakan suasana baru yang positif di lingkungan pergaulanmu di daerahmu, selalu taat dan hormatilah kedua orang tua dan guru-gurumu, jadilah bintang semenjak dini, tetaplah rajin membaca dan belajar seperti halnya kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi yang ketat sebelumnya dan percayalah selama motivasi untuk mau terus belajar tersebut terus membara tentu saja bukan hanya di sekolah, di rumah, namun juga di lingkungan masyarakat, niscaya tanaman-tanaman terbaik ini akan dapat kalian petik nantinya hingga membawamu ke masa depan yang cemerlang bahkan lebih baik dari apa yang kamu cita-citakan… Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Solusi Gagal Masuk di Sekolah / Madrasah Favorit Yang Diharapkan"

Post a Comment