Tips / Cara Merawat Komputer / Laptop Yang Baik dan Benar

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Di masa sekarang ini memiliki laptop ataupun komputer PC bukan lagi merupakan barang mewah, akan tetapi merupakan kebutuhan yang biasa dan tentunya kebutuhan wajib seperti halnya makanan pokok yang harus kita konsumsi setiap harinya. 

Terlebih dalam dunia pendidikan saat ini, yang mana hampir semua data saat ini harus diproses melalui kecanggihan komputer, maka lazim pula disebut jaman komputerisasi alias serba komputer.

Seiring dengan kemajuan dari industri perakitan komputer, bahkan saat ini selain laptop, notebook, sistem komputer pun dapat dinikmati pada gadget-gadget mobile. 

Namun di sini saya akan menyajikan bagaimana cara merawat laptop maupun komputer PC agar tetap awet dan dalam keadaan yang baik-baik saja, sebagai berikut :

1.   Jauhkan dari benda-benda yang berisi cairan untuk menghindari tumpahan air ke perangkat komputer / laptop Anda.

2.   Jangan mengisi daya baterai (charge) terlalu lama karena akan dapat merusak daya tahan baterai laptop itu sendiri. Kira-kira sudah penuh, silahkan dicabut saja charger-nya yang biasanya seringkali lupa ketika akan tidur ataupun bepergian.

3.   Hindari memutar piringan CD maupun DVD yang berdurasi lama, lebih baik copy paste saja file di dalamnya kemudian putar film atau media lain ke memory komputer Anda. Ini bertujuan agar piranti CD room Anda awet dan tahan lama.

4.   Hindari menggunakan game yang memerlukan banyak space memori yang memaksa komputer Anda bekerja ekstra keras / berat. Ini penting agar hardisk awet dan baik-baik saja.

5.   Hapus (uninstall) aplikasi maupun file yang sekiranya tidak penting pada komputer Anda. Sehingga kinerja komputer / laptop Anda selalu prima.

6.   Matikan laptop dengan prosedur yang baik dan benar, yakni tutup seluruh aplikasi aktif lalu pada start menu baru di “shut down”, setelah laptop benar-benar sudah off baru lipat dan tutup laptop Anda dengan hati-hati.

7.   Simpan laptop Anda di tempat yang aman, dan jangan taruh benda yang berat di atasnya.

Selain hal di atas, tentu masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan terhadap laptop ataupun perangkat komputer PC Anda agar awet dan tahan lama. Dan yang terpenting lagi jangan lupa sediakan hard disc external khusus untuk cadangan file, yakni lakukan backup  / salinan data yang ada di komputer / laptop Anda ke dalam hard disc untuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian tips / cara merawat laptop maupun komputer agar awet dan tahan lama, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Merawat Komputer / Laptop Yang Baik dan Benar"

Post a Comment