Tata Tertib Pengawas Ruang US/M (Ujian Sekolah / Madrasah) Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Bagi Rekan-rekan guru yang kebetulan mendapatkan tugas menjadi pengawas silang dalam pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah mulai pada tanggal 18 s.d. 20 Mei 2015, berikut tata tertib yang perlu diketahui agar pada pelaksanaan tugas sebagai pengawas ujian sekolah/madrasah nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Tata tertib pengawas ruang Ujian Sekolah/Madrasah tahun pelajaran 2014/2015 telah diatur dengan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Download selengkapnya Peraturan Balitbang Kemdikbud Nomor 009/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2014/2015.

Untuk membaca Tata Tertib Peserta Ujian Sekolah / Madrasah (US/M) Tahun Pelajaran 2014/2015 yang akan dibacakan oleh masing-masing Pengawas Ruang Ujian kepada seluruh peserta Ujian Sekolah/Madrasah sebelum peserta ujian sekolah/madrasah mulai mengerjakan soal ujian selengkapnya dilihat pada links artikel berikut.

Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah / Madrasah (US/M) selengkapnya adalah sebagai berikut :

1.  Persiapan

a.   Tiga puluh menit sebelum US/M dimulai, Pengawas Ruang US/M telah hadir di lokasi.
b.   Pengawas Ruang US/M menerima penjelasan dan pengarahan dari Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M.
c.   Pengawas Ruang US/M menerima bahan US/M dari Penanggungjawab Penyelenggaraan US/M berupa Paket Soa1, LJUS/M, Amplop LJUS/M, Daftar Hadir, dan Berita Acara Pelaksanaan US/M.

2. Pelaksanaan

a.   Pengawas Ruang US/M masuk ke dalam ruang US/M 20 menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang US/M.
b.   Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M untuk memasuki ruang US/M dengan menunjukkan kartu peserta US/M, dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.
c.   Pengawas Ruang US/M memeriksa setiap peserta US/M untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang US/M kecuali alat tulis yang akan digunakan.
d.   Pengawas Ruang US/M membacakan Tata Tertib US/M setiap pelaksanaan US/M.
e.   Pengawas Ruang US/M meminta peserta US/M menandatangani Daftar Hadir US/M.
f.    Pengawas Ruang US/M membagikan LJUS/M kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta US/M (nomor US/M, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu US/M dimulai.
g.   Setelah seluruh peserta US/M selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang US/M membuka amplop paket soal, memeriksa kelengkapan bahan US/M, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta US/M.
h.   Pengawas Ruang US/M membagikan paket soal US/M dengan cara meletakkan di atas meja peserta US/M dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta US/M tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu US/M dimulai.
i.    Pengawas Ruang US/M mengecek kelengkapan paket soal US/M.
j.    Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang US/M mempersilahkan peserta US/M untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.
k.   Kelebihan paket soal US/M selama US/M berlangsung tetap disimpan di ruang US/M dan tidak boleh dibawa keluar ruangan sampai US/M selesai.
l.    Selama US/M berlangsung, Pengawas Ruang US/M wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang US/M, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang US/M.
m.  Pengawas Ruang mencatat setiap kejadian termasuk kecurangan selama penyelenggaraan US/M di dalam Berita Acara Pelaksanaan US/M. 
n.   Pengawas Ruang US/M dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal US/M yang diujikan.
o.   Lima menit sebelum waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M memberi peringatan kepada peserta US/M bahwa waktu tinggal lima menit.
p.   Setelah waktu US/M selesai, Pengawas Ruang US/M mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan LJUS/M dan Paket Soal US/M. Peserta US/M dipersilahkan meninggalkan ruang US/M, setelah pengawas menghitung jumlah LJUS/M sama dengan jumlah peserta US/M.
q.   Pengawas Ruang US/M menyusun secara urut LJUS/M dari nomor peserta terkecil, dan memasukkannya ke dalarn amplop LJUS/M disertai dengan Daftar Hadir Peserta, dan kemudian ditutup dan dilak serta ditandatangani oleh Pengawas Ruang US/M di dalam ruang US/M.
r.    Pengawas Ruang US/M menandatangani Berita Acara Pelaksanaan US/M yang berisi catatan kejadian selama US/M berlangsung.
s.   Pengawas Ruang US/M menyerahkan amplop berisi LJUS/M yang sudah dilak serta Berita Acara Pelaksanaan US/M kepada penanggung Jawab US/M Satuan pendidikan.

Download selengkapnya Peraturan Balitbang Kemdikbud No. 009/H/HK/2015 tentang POS US SD/MI, SDLB, dan Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2014/2015 selengkapnya pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tata Tertib Pengawas Ruang US/M (Ujian Sekolah / Madrasah) Tahun 2015"

Post a Comment