Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Dengan Contoh Kemandirian dan Karya

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Ada kata bijak yang mengatakan bahwasannya “Satu contoh yang baik bisa mengalahkan seribu nasehat (kata-kata)” yang berarti contoh / teladan yang nyata seringkali lebih efektif dalam memotivasi seseorang daripada diberikan teori semata.

Inspirasi (ilham = ilmu & pemahaman) akan sesuatu hal dalam kehidupan seseorang seringkali muncul ketika ia sendiri telah melihat dengan mata kepala sendiri pada suatu contoh yang nyata sehingga dapat memperkuat kebenaran-kebenaran akan teori kebaikan yang telah ia terima sebelumnya sehingga ini akan mampu memotivasinya untuk menerapkan teori-teori tersebut untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan.

Tak terkecuali dalam dunia pendidikan seorang guru akan dapat memberikan kualitas pembelajaran yang sempurna ketika teori-teori diperkuat dengan teladan/contoh yang nyata. Terkait dengan hal ini, berikut share artikel dari situs Kemdikbud.go.id selengkapnya…

Indonesia merupakan bagian dari pasar dunia. Persaingan pada pasar dunia ini tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari suatu negara. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak lembaga pendidikan, dan para pemangku kepentingan bidang pendidikan untuk bersama-sama menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan kepada peserta didik. 

"Indonesia harus menumbuhkan semangat-semangat kewirausahaan. Para pendidik harus memberikan contoh kemandirian, dan berikan semangat kepada anak didik untuk lebih mengembangkan diri dan mencerdaskan," ujar Mendikbud saat mengunjungi Ranu Prima Collage (RPC), di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (16/05/2015). 

Peran peserta didik kelak ketika kembali pada masyarakat adalah menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari sini, kata Mendikbud, akan muncul pertanyaan apa yang akan diberikan untuk masyarakat. "Jangan menganggap karya yang kita hasilkan itu kecil, karena sekecil apa pun karya yang kita hasilkan akan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Mendikbud.   

Di sini peran pendidik akan terlihat. Pendidik diajak untuk menjadi seorang inspirator yang memiliki tanggung jawab besar memberikan contoh positif kepada anak didik. Pendidik tidak hanya memiliki tugas mendidik, tetapi juga dapat memberikan contoh untuk menghasilkan suatu karya. "Para pendidik harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didik. Tanyakan pada anak didik, apa yang akan Anda hasilkan untuk masyarakat," tutur Mendikbud.

Mendikbud memberikan apresiasi kepada aktivis pendidikan RPC yang telah ikut bersama-sama dalam mencerdaskan anak-anak bangsa. "Jadilah pengajar atau pendidik yang menyenangkan dan menginspirasi, serta jadikan anak didik anda sebagai pembelajar seumur hidup," pesan Mendikbud. (Seno Hartono)

Semoga kita semua bisa menjadi pendidik yang menyenangkan, mampu menjadi motivator sekaligus inspirator yang efektif dan positif bagi peserta didik kita pada khususnya dan bagi generasi muda Indonesia pada umumnya. Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik Dengan Contoh Kemandirian dan Karya"

Post a Comment