Ini Dia…! 5 Kerugian / Dampak Negatif Dari Kebiasaan Mencontek Saat Tes / Ujian

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam mengerjakan tes / ujian tulis baik di sekolah, kebiasaan mencontek tentunya tidak baik, bukan hanya karena selain tidak jujur, tentu akan merugikan diri-sendiri, dan dampaknya memang tidak sekonyong-konyong terlihat pada saat itu, akan tetapi di kemudian hari / masa depan.

Lalu, apa saja kerugian yang ditimbulkan dengan adanya kebiasaan mencontek dalam ujian ini. Berikut 5 kerugian dari kebiasaan menyontek saat mengerjakan tes / ujian :

1. Tidak bisa mengukur kemampuan diri-sendiri

Dengan mencontek, tentu saja prosesnya hanya menyalin sesuatu dari sumber ke tujuan (lembar jawaban) bukan? Dan dalam proses ini, tentu saja sumber daya yang diupayakan tidak optimal. 

Berbeda halnya dengan mengerjakan sebisanya dan setahunya, maka kita pun akan tahu sampai di mana kemampuan kita dalam menguasai sebuah materi pelajaran tersebut, sehingga setelah ujian berlangsung, maka kita pun dapat mempelajari / memperdalam kembali suatu hal yang diujikan tersebut untuk menjawab “penasaran-penasaran” yang didapat saat kesulitan/ragu ketika ujian.

2. Menambah kemalasan untuk belajar

Kebiasaan mencontek akan berdampak pada kemalasan untuk belajar, cenderung tidak mau repot-repot dan pusing dalam belajar. Ingat belajar itu adalah proses berusaha (berlatih) untuk memperoleh kepandaian atau ilmu sehingga dapat merubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman yang sudah dipahami.

3. Kepercayaan diri semakin berkurang

Kebiasaan mencontek pun lama-kelamaan akan dapat mengurangi rasa kepercayaan pada kemampuan diri-sendiri, padahal khan setiap manusia dipastikan memiliki keunikan, kelebihan, ataupun potensi yang luar biasa dari Allah SWT.

4. Nilai yang didapatkan tidak objektif

Dengan mencontek pun tidak menutup kemungkinan nilai yang didapatkan yang seharusnya bisa lebih baik jika tidak mencontek, akan tetapi dikarenakan mencontek, maka nilai pun dipertaruhkan sama persis dengan kemampuan teman lain yang diconteknya tadi. Merugikan bukan?

5. Mengurangi daya kreatifitas

Dikarenakan kebiasaan meniru yang terus-menerus dilakukan, maka kepekaan untuk menciptakan sesuatu pun semakin memudar. Yang paling berbahaya lagi ketika kebiasaan mencontek ini mematikan kreatifitas (daya cipta) itu sendiri. Rugi khan?

Dan tentunya masih banyak dampak negatif lain yang timbul dari kebiasaan mencontek ini. Maka hindari mencontek saat ujian mulai saat ini, jadilah pembelajar sejati yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan sportifitas yang percaya pada kemampuan dan potensi diri yang sudah dianugerahkan oleh Allah SWT yang tentunya unik antara satu dengan yang lainnya. Insya Allah Anda akan sukses hidup di masa depan berdasarkan bakat, minat, yang terus dikembangkan pada bidang Anda masing-masing. Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ini Dia…! 5 Kerugian / Dampak Negatif Dari Kebiasaan Mencontek Saat Tes / Ujian"

Post a Comment