Guru Inspirasi Tak Hanya Memotivasi Tapi Juga Berprestasi

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Sebagai seorang guru, kita dituntut memiliki prestasi, bukan semata untuk diri kita sendiri, namun juga sebagai bukti dari teori-teori yang telah kita berikan kepada peserta didik kita. 

Selain itu, dengan adanya bukti ukiran prestasi yang telah diraih seorang guru, tentu saja akan dapat menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didiknya untuk cenderung meningkatkan kemauan belajarnya sehingga Anda termasuk dalam kategori guru yang inspiratif bagi siswa-siswi Anda.

Seperti halnya keteladanan akan mengalahkan seribu nasehat, tentu saja ini ada benarnya. 

Di mana seorang siswa akan cenderung melihat dan menghormati guru-gurunya yang benar-benar berprestasi bukan hanya dalam kinerjanya akan tetapi juga berprestasi dalam bidang-bidang pendidikan lainnya.

Tentu saja ini juga sebagai konsekwensi dari profesi guru itu sendiri, di mana ditemukan sebagian anak akan cenderung menurut kepada gurunya ketimbang pada kedua orang tuannya. Karena memang guru merupakan ujung tombak dari pembelajaran / pendidikan itu sendiri.

Baca juga : Rasa Bangga Menjadi Guru Itu Penting, Guru Sebagai Agen Perubahan dan Perbaikan Bangsa

Banyak sekali even-even pendidikan yang dapat diikuti oleh guru, mulai dari adanya pemilihan guru berprestasi (guru favorit), lomba kreatifitas guru, lomba pembuatan karya ilmiah guru, lomba TIK bagi guru, dan lain-lain. Dan keikutsertaan dalam berbagai ajang kompetisi antar guru ini tentu saja akan memberikan pengalaman-pengalaman berharga untuk ke depannya.

Sehingga dari tulisan singkat saya pagi ini dapat disimpulkan bahwasannya untuk memotivasi siswa, guru dapat memberikan nasehat-nasehat yang berisi motivasi bagi mereka, namun untuk menggerakkan mereka, guru harus memberikan bukti prestasi. Selamat berkarya Rekan-rekan guru… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Guru Inspirasi Tak Hanya Memotivasi Tapi Juga Berprestasi"

Post a Comment