Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran / Verval PP Tahun 2015

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Saat ini situs untuk melakukan verifikasi dan validasi proses pembelajaran (VerVal PP) sudah bisa diakses pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php menyajikan sistem verifikasi validasi data proses pembelajaran pada tingkat entitas satuan pendidikan (meliputi peserta didik. pendidik dan sarana-prasarana) yang mengacu pada SPM (Standard Pelayanan Minimal) dan SNP (Standard Nasional Pendidikan).

Proses verifikasi dan validasi data dilakukan dengan formula/parameter yang berbasis pada indikator pendidikan yang tertuang dalam SPM dan SNP. Pada tahap awal jumlah formula/parameter masih sangat tebatas, dan akan terus dikembangkan. 

Sistem ini menghasilkan catatan-catatan kesesuaian dan konsistensi terhadap proses belajar mengajar setiap satuan pendidikan dengan standard yang telah ditentukan. Implikasi dari hasil sistem ini adalah sebagai bahan masukan pada penentu kebijakan tentang kondisi proses belajar mengajar pada setiap entitas satuan pendidikan, yang selanjutnya dapat di susun intervensi kebijakan yang tepat.


Sistem 'Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran' bertujuan untuk melakukan verifikasi kesesuaian data proses pembelajaran setiap satuan pendidikan menurut kabupaten-kota menurut standard (SNP dan SPM) yang sudah ditentukan.

Output dari aplikasi ini akan menghasilkan informasi tentang potret proses pembelajaran di setiap Kabupaten-kota, yang selanjutnya menjadi bahan Pengelola Pendidikan di kabupaten/kota , Provinsi dan Pusat untuk menentukan arah kebijakan pembinaan Satuan Pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang merata dan tepat sasaran.

Proses pembelajaran melibatkan proses mengajar dan belajar di mana pendidik, peserta didik, substandi pendidikan, sarana dan prasarana terorganisir secara sistematis untuk mencapai target yang telah ditentukan. Input, proses dan output pembelajaran menjadi penting untuk mengukur keberhasilan pendidikan yang tergambarkan dalam data proses pembelajaran.

Data proses pembelajaran merupakan kompilasi dari data peserta didik, satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan yang merupakan salah satu bagian dari data pokok pendidikan.

Proses verifikasi-validasi data proses pembelajaran berada pada tingkat entitas satuan pendidikan, sebagai bentuk monitoring dan evalusi pelaksanaan proses belajar mengajar yang mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Data tersebut selanjutnya diolah menjadi informasi yang diperlukan pimpinan dan pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan dalam menyusun strategi-strategi pengelolaan dan pembinaan Satuan pendidikan, Pendidik-Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik.

Konfigurasi Sistem Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran

Verval PP (Proses Pembelajaran) dalam klasifikasi system merupakan salah satu aplikasi yang masuk dalam kategori Tactical System atau Analytical System, yang merupakan bagian dari DSS (Decesion Support System).

Koneksi Database: Verval PP dari arus pengelolaan DAPODIK akan mengambil data dari ODS (Operational Data Store), setelah melalui tahapan proses verifikasi-validasi entitas data: Verval SP (Satuan Pendidikan), Verval PD (Peserta Didik) dan Verval PTK (Pendidik – Tenaga  Kependidikan).

Sumber Data: Hasil pengumpulan Dapodik PAUDNI, Dapodikdas, dan Dapodikmen yang diupdate oleh Rekan-rekan Operator Sekolah. Dan untuk saat ini, laman web Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran (Verval PP) masih sedang dalam tahap pengembangan dan proses debugging data, hasil pengelolaan DAPODIK.

Lihat cara / panduan Verval PP (Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran) Tahun 2015 selengkapnya pada links artikel berikut… Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Referensi artikel : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Verifikasi Validasi Proses Pembelajaran / Verval PP Tahun 2015"

Post a Comment