Persiapan Mental Bagi Calon PNS Yang Bertugas di Daerah / Wilayah Terpencil dan Terisolir

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Sudah seharusnya memang seorang yang sudah menjatuhkan pilihan profesinya menjadi seorang PNS, maka ia pun harus selalu siap untuk ditugaskan di manapun berada. 

Tak terkecuali PNS yang ditugaskan di daerah-daerah yang termasuk dalam wilayah daerah khusus (terisolir, terpencil, terpencar, terluar, dan sebagainya).

Beberapa tantangan yang dihadapi pun tak kalah serunya, bahkan dianggap seperti outbond saja dan tentu saja menyenangkan. Di mana sepatu yang seharusnya tetap hitam mengkilap, sampai tempat kerja pun kadang berlumuran dengan lumpur. 

Perjuangan Guru Daerah Terpencil. Sumber : Youtube.com

Untuk menjangkau lokasi tempat tugas, sebagian harus menyeberang sungai dengan perahu  kecil bermesin, bahkan harus dorong rakit sendiri, itu adalah biasa. Ada juga yang sampai-sampai harus melewati gunung, menyusuri jalan setapak, dan beberapa rintangan-rintangan lainnya.

Saya akan sedikit share bagaimana persiapan mental yang harus dimiliki oleh calon PNS yang nantinya akan ditugaskan di daerah terpencil maupun terisolir, sebagai berikut :

1.   Kemampuan adaptasi di lingkungan baru.

2.  Bekal materi yang cukup. Ingat setelah jadi CPNS bukan berarti bulan depannya kita langsung menerima gaji, akan tetapi untuk saya sendiri dulu baru menerima gaji yang besarnya 80 % dirapel pada beberapa bulan berikutnya.

3.   Persiapkan kesehatan fisik. Lokasi yang lebih jauh dan .

4.  Ganti ban kendaraan bermotor Anda karena medan menuju lokasi biasanya belum beraspal, dan tentu saja jika musim penghujan, ganti ban motor bergerigi dapat sedikit menaklukkan jalan licin serta berlumpur.

5.  Beli lampu tempel, dan kalau mungkin persiapkan genset untuk cadangan siapa tahu di daerah tersebut tidak ada lampunya. Karena jaringan PLN dipastikan belum menjangkau daerah tersebut.

6.   Siapkan juga antenna selluler, siapa tahu di sana nanti sulit mendapatkan jaringan komunikasi seluler, kalau jaringan telepon kabel jelas tidak ada.

7.   Dan lain sebagainya.

Selain persiapan-persiapan di atas sudah kita penuhi, akan tetapi namanya pekerjaan. Suka duka itu biasa, namun ingatlah Sahabat…! Perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dulu sungguh tak akan pernah terlampaui oleh pengorbanan kita. Setelah Anda bertugas di sana, betahlah Sahabat, miris sekali seringkali saya melihat pada bidang pendidikan banyaknya kekurangan PNS khususnya di daerah-daerah yang katakanlah pelosok ini.

Jika di antara Rekan-rekan ada yang penasaran di mana saya bertugas? Silahkan baca tulisan tentang saya beserta tempat di mana saya bertugas sejak tahun 2009, silahkan simak selengkapnya pada link artikel berikut : Hidupku Untuk Pendidikan.

Bayangkan jika kita sebagai PNS, baru beberapa waktu saja kita sudah sibuk mau pindah, kasihan mereka (anak didik dan juga masyarakat), meraka sangat membutuhkan bimbingan pendidikan, akses informasi dan wawasan dari kita yang kebetulan mendapatkan kesempatan lebih dalam ilmu dan pengetahuan ini.

Jika orientasi materi, dalam hidup ini tidak akan pernah cukup bukan…? Kecuali kita sendiri mau mencukupkan segala rezeki yang sudah ada dengan penuh rasa syukur. Indonesia masih butuh pengabdi-pengabdi untuk mencerdaskan bangsa tak terkecuali bagi saudara-saudari kita yang tinggal di pelosok negeri Sahabat...! Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Persiapan Mental Bagi Calon PNS Yang Bertugas di Daerah / Wilayah Terpencil dan Terisolir"

Post a Comment