Pentingnya Memperhatikan Kualitas Pada Setiap Aktivitas

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Apapun kegiatan ataupun aktifitas yang sedang dilakukan hendaknya merupakan sesuatu yang tidak sia-sia belaka. Hal ini amat sangat penting sekali kita perhatikan, karena dalam setiap kegiatan tentu saya menyita waktu, energi, maupun sumber daya yang lainnya.

Walaupun memang tidak ada manusia yang sempurna dalam kenyataannya. Namun, justru karena manusia memang jauh dari kesempurnaan inilah, maka usaha kita untuk menghasilkan sesuatu hasil kinerja ataupun karya harus seoptimal ataupun semaksimal mungkin.

Berikut beberapa tips agar setiap aktivitas yang dilakukan benar-benar memiliki kualitas :

1.  Lakukan sesuatu pekerjaan yang bisa diselesaikan saat itu, maka tuntaskan pada saat itu juga karena setelah pekerjaan tersebut bisa dipastikan akan ada pekerjaan yang baru lagi.

2.   Jika bisa dipelajari segera, cepat ambil tindakan dalam memahami sistem dan mekanisme dari sesuatu yang menjadi bahan pembelajaran yang sudah tersedia. Dengan begitu pengembangan diri akan lebih cepat dan lebih baik.

3.   Tidak menunda-nunda apapun yang dapat dilakukan pada suatu waktu.

4. Orientasi pada hasil bukan untuk sementara akan tetapi hasil yang berkelanjutan.

5.  Berpikir lebih terbuka dan siaplah untuk terus belajar dalam rangka meningkatkan SDM diri baik dalam pelaksanaan tugas maupun pekerjaan, hingga dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial. Dengan begitu kualitas hasil dari setiap hal yang kita lakukan akan terus mengalami peningkatan kualitas ke depannya.

6.  Selalu positif dalam berpikir dan merasa, seperti halnya memandang sebuah kegagalan bukan sebagai alasan untuk berputus asa, namun justru dari kegagalan inilah berarti kesempatan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas sedang terbuka.

Selanjutnya apapun yang kita lakukan jika tidak dibarengi dengan keseriusan, maka tak akan menghasilkan suatu kinerja ataupun karya yang berkualitas. Jangankan kita, seseorang yang berprofesi sebagai pelawak / komedian pun serius dalam setiap penampilannya, dan performa tersebut tampil juga dengan sebuah persiapan yang matang tentunya bukan…?

Pada akhirnya, sebagai apapun kita, selama orientasinya adalah dalam kebaikan, kemanfaatan, serta pengabdian insya Allaah suatu kelak kita akan merasakan hasil akhirnya. Hal ini penting dikarenakan sumber daya yang sama sekali tidak bisa kita kendalikan adalah waktu, bahkan waktu (kesempatan) adalah sumber daya yang paling langka, karena ia terus berjalan dan tentunya tak bisa dikembalikan. 

Oleh karena itu, pilihan yang terbaik adalah mengisi seluruh kegiatan dari waktu ke waktu itu tidak sia-sia, ada hasilnya, ada pelajarannya, dan tentunya menguntungkan.

Terlebih lagi di era globalisasi di mana konsekuensinya adalah adanya persaingan hampir di setiap bidang kehidupan yang semakin terbuka hingga pada skala dunia / internasional, maka menjadi pribadi-pribadi yang berkualitas tak dapat ditawar lagi jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih berarti.

Maka seberapa besar fokus dan perhatian kita dalam melakukan suatu aktivitas, maka sebesar itu pula raihan kualitas yang akan di dapat dan pada akhirnya akan secara otomatis membentuk citra diri, kompetensi, hingga kebiasaan tersebut akan membentuk manusia-manusia yang benar-benar berkualitas. Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pentingnya Memperhatikan Kualitas Pada Setiap Aktivitas"

Post a Comment