Operator Sekolah Sebagai Fasilitator Pendataan dan Sumber Informasi Pendidikan di Tingkat Sekolah

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia…

Peran utama Operator Sekolah adalah sebagai petugas khusus dari suatu sekolah untuk mengentry / menginput / memasukkan data-data sampai dengan mengirimkan data-data (sinkronisasi) yang terkait dengan sekolah baik secara offline maupun online baik di aplikasi Dapodik maupun di Padamu Negeri.

Namun, seiring dengan semakin banyak dan kompleksnya tugas-tugas operator sekolah saat ini, sehingga perannya pun semakin besar. Operator Sekolah saat ini bukan hanya menjadi petugas profesional data namun juga sebagai referensi sumber informasi di suatu sekolah. Karena seringkali informasi apapun yang terkait dengan pendidikan dipastikan Rekan-rekan Operator Sekolah akan tahu duluan via internet tentunya.

Seperti halnya saya, ketika dulu saya belum mendapatkan tugas sebagai Operator Sekolah, online itu sangat jarang dilakukan apalagi tempat tugas saya memang tidak tersedia akses internet. 

Namun semenjak mendapatkan tugas tambahan sebagai Operator Sekolah ini, maka frekuensi online pun semakin meningkat. 

Dan tentu saja, semakin banyak informasi-informasi yang akurat terkait manajemen pendataan pendidikan ataupun informasi pendidikan lain yang dapat diketahui baik melalui forum-forum pendataan di media sosial, situs resmi stake holder pendidikan, hingga info-info dari blog-blog Rekan Guru ataupun Operator Sekolah lainnya.

Akhirnya di sekolah pun, seringkali Rekan-rekan Guru lainnya hingga Kepala Sekolah tanya “Ada info terbaru apa sekarang?”, bukan semata terkait dengan data-data PTK dan PD, tunjangan bagi guru, jadwal pencairan BOS, Juknis / POS Ujian Sekolah (US) ataupun Ujian Nasional (UN), namun juga pertanyaan-pertanyaan lain yang terkait perangkat belajar-mengajar, kurikulum, kebijakan-kebijakan pendidikan di Indonesia, dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar pendidikan seringkali ditanyakan Rekan-rekan Guru lainnya di sekolah.

Baca selengkapnya tentang  Hikmah (Manfaat Positif) Sebagai Operator / Admin Sekolah ini pada links artikel berikut.

Oleh karena itu, patutlah bangga kiranya bagi seluruh Rekan-rekan yang bertugas sebagai Operator Sekolah ini, karena bukan hanya sebagai fasilitator data, akan tetapi juga sebagai fasilitator informasi pendidikan di sekolah masing-masing. 

Sehingga secara tidak langsung pengalaman dan juga wawasan dari Rekan-rekan Operator Sekolah yang terkait bukan hanya seputar manajemen pendataan pendidikan, namun juga hal-hal apapun yang terkait dengan pendidikan Indonesia hingga dunia akan semakin meningkat pesat dari waktu ke waktunya, dan semoga saja pendapatannya pun semakin besar Rekan… Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Operator Sekolah Sebagai Fasilitator Pendataan dan Sumber Informasi Pendidikan di Tingkat Sekolah"

Post a Comment