Ini Dia...! Alasan Siswa Senang Un Online / CBT (Computer Based Test) Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Ujian Nasional dengan sistem online ataupun CBT (Computer Based Test) untuk jenjang SMA/SMK untuk pertama kalinya akan dilaksanakan pada tahun 2015 ini.

Dan dengan penerapan sistem online dengan menggunakan sarana komputer ini, tentu saja lebih mudah dalam proses menjawab karena cukup melakukan klik pada mouse komputernya, dan dengan begitu, otomatis peserta UN online bisa lebih fokus lagi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada tanpa menghitamkan bulatan-bulatan pilihan pada kertas lembar jawaban seperti pada umumnya.

Terkait hal tersebut, berikut respon dari beberapa siswa jenjang SMA/SMK yang mengaku senang dengan sistem ujian online ini yang admin share dari Jpnn.com, berikut info selengkapnya…

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan melakukan blusukan ke sejumlah sekolah percontohan di Kota Depok. Anies ingin melihat persiapan para siswa menghadapi ujian nasional (UN), terutama sekolah yang menerapkan computer based test (CBT).

Anies mengaku gembira karena banyak siswa yang menyambut positif penerapan UN online. "Saya apresiasi anak-anak yang mau dites dengan sistem CBT. Sistem ini lebih objektif hasilnya dan jauh dari manipulasi," kata Anies saat kunjungan ke SMA 1 Depok, Kamis (2/4).

Febrian, siswa kelas 12 IPA mengatakan, pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer ini sangat menyenangkan. Namun, dia awalnya mengaku sempat kebingungan dalam uji coba dan pengisian identitas.

“Awalnya saya sedikit bingung, tapi lama-lama jadi terbiasa. Jadinya asyik karena UN dengan komputer ini lebih ringan tidak perlu menghitamkan buletan lagi yang sangat menyita waktu,” ujar Febrian.

Hal yang sama diungkapkan Fauzan. Siswa kelas 12 IPA yang berencana ingin melanjutkan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung ini menilai, pelaksanaan UN CBT sangat membantu.

“Hari ini uji coba mata pelajaran Matematika. Enak kami sudah dikasih lembar untuk coret-coretan. UN CBT ini lebih efisien dan tidak melelahkan yang biasanya kami harus fokus saat menghitamkan lembar jawaban,” tutur Fauzan.

Aisyah, siswi kelas 12 IPA menyatakan, pelaksanaan UN CBT lebih efektif. Selain itu, siswa diberikan kemudahan untuk bisa mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

”Jika ada soal yang belum dikerjakan ada tandanya. Pada pelaksanaannya, UN ini pun dapat meminimalisir kecurangan. Saya berharap UN CBT ini dapat terus dilanjutkan,” ucap Aisyah. (esy/jpnn)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ini Dia...! Alasan Siswa Senang Un Online / CBT (Computer Based Test) Tahun 2015"

Post a Comment