Hikmah Bagi Perantau dan Tips Agar Betah Tinggal di Perantauan

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam proses perjalanan hidup seseorang, seringkali merantau pergi ke negeri orang adalah salah satu pilihan yang harus dilakukan. 

Entah karena ada panggilan kerja, dalam rangka tugas ikatan dinas bagi pegawai, hingga ekspansi pengembangan usaha bagi seorang wirausahawan (bisnisman), dan bahkan ada yang merantau untuk mencari kerja di tempat tujuan.

Apapun itu, yang jelas seorang perantau bagi masyarakat penduduk asli adalah merupakan pendatang yang harus mengikuti aturan serta norma-norma yang berlaku di daerah setempat. 

Saya sendiri telah mengalami merantau sejak lulus kuliah. Dan saat itupun saya bekerja ikut orang dengan tinggal di rumah kost hingga bertahun-tahun lamanya.

Namun itulah perjalanan hidup hingga akhirnya saya pun ditakdirkan Allah SWT menjadi pendidik di suatu SMP pada akhirnya,  dan ceritanya kembali lagi, tempat tugas saya bukan di tanah kelahiran saya di Jawa Timur, akan tetapi sejak tahun 2008 saya tinggal di daerah Sumatera, alhasil masih merantau juga seperti dulu… J

Oleh karena itu, saya akan mencoba berbagi tips bagaimana agar di tempat merantau kita bisa betah dan tahan lama hidup di negeri rantau orang seperti baterai saja… J, di antaranya :

1.   Di manapun tinggal, silahkan cari dan temui Ketua RT setempat untuk melapor tentang status, tujuan, serta di mana dan dengan siapa Anda bekerja.
2.   Lakukan pendekatan dengan lingkungan sekitar dengan komunikasi dan sikap yang lembut, ramah seperti sudah pernah kenal sebelumnya atau istilah kerennya SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) agar keakraban terjalin.
3.   Jangan mengurusi urusan orang lain yang baru dikenal, kecuali mereka meminta bantuan.
4.   Ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang diberlakukan di sana.
5.   Bersikaplah nasionalis, gunakan bahasa Indonesia yang benar jika masih berada di wilayah NKRI, bahasa adat setempat jika bisa.
6.   Dan lain-lain, pokoknya jaga sikap, jaga ucapan, dan jangan lupa berdo’a kepada Allah SWT agar kita diberikan perlindungan, petunjuk, serta kesuksesan di sana.

Namun merantau di jaman sekarang ini, tak begitu terasa lagi jauhnya, berbeda halnya dengan jaman dulu di mana komunikasi hanya melalui surat via Pos, dan seringkali sampai berhari-hari, berminggu-minggu kadang baru sampai di tempat tujuan. Kalau sekarang sudah ada media sosial, telephon, bahkan komunikasi interaktif 3 G pun sudah dapat dilakukan dengan keluarga yang jauh di kampung halaman.

Akan tetapi, tetap ada beberapa hal unik yang didapat oleh seseorang yang merantau ini, di antaranya sebagai berikut :

1.   Pengalaman menggunakan bahasa daerah lain bertambah.
2.   Adaptasi dalam bergaul dengan siapapun lebih terasah.
3. Jiwa raga lebih tahan banting terhadap situasi yang sulit, karena biasanya orang perantau seringkali mendapatkan tantangan-tantangan baru yang harus diatasi sendiri.
4. Keberanian pun lebih bertambah, dulu yang tidak berani jalan sendiri di malam hari, mungkin sekarang berbeda. Walaupun masih takut tapi sedikitlah.. :) 
5.   Jaringan pertemanan lebih luas.
6.   Kalau sukses dapat materi banyak, kalau gagal banyak juga dapat pengalamannya… J
7.   Dan lain sebagainya…

Selain tersebut di atas, tentu saja sangat banyak lagi pengalaman yang didapat dari negeri orang di mana kita pernah merantau dulu. Kenangan pahit dan kenangan pahit pasti ada, dan pastinya semua pengalaman dan semua hal yang didapat dari seorang perantau akan semakin memperkuat jati diri dalam menjalani kehidupan selanjutnya…

Semoga Rekan-rekan yang saat ini masih berada di daerah lain dalam rangka berjuang dalam memperbaiki keadaan hidup seperti halnya saya dapat betah dan sukses di sana… Aamiin… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hikmah Bagi Perantau dan Tips Agar Betah Tinggal di Perantauan"

Post a Comment