Daftar Pertanyaan dan Penjelasan Tentang Aplikasi Dapodikmen Yang Berkaitan Dengan Penyaluran BOS SM Tahun 2015

Sahabat Operator Dapodikmen yang berbahagia..

Dalam proses penyaluran BOS SM Tahun 2015 ini, berbagai pertanyaan yang pasti akan seringkali muncul ketika terjadi beberapa permasalahan yang terjadi terkait dengan aplikasi Dapodikmen 2015. 

Hal ini dikarenakan data dasar dalam penyaluran BOS tahun 2015 ini berdasarkan pada data-data yang telah dientry dan sudah berhasil disinkronisasikan ke server Dapodikmen pusat.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, saya akan share file dari situs Dapodikmen Ditjen Dikdas sebagai referensi bagi kita semua khususnya rekan-rekan operator Dapodikmen agar lebih memahami akar dari setiap permasalahan beserta solusinya.

Sebagaimana dalam Alur Pengiriman Data di Dapodikmen yakni sekolah meng-entri Dapodikmen menggunakan Aplikasi Frontend Dapodikmen. Setiap saat Sekolah dapat melakukan pengiriman data (sinkronisasi) dengan server Dapodikmen. 

Kemudian server Dapodikmen diupdate setiap saat oleh Sekolah melalui mekanisme sinkronisasi. Dan data yang ditampung di server Dapodikmen akan berubah-ubah setiap saat.

Portal Bansos berisi data berdasarkan potret data yang disepakati oleh Direktorat Pembinaan SMA dan Direktorat Pembinaan SMK. Sampai saat ini, yang sudah disepakati adalah potret data pada tanggal 31 Januari 2015 (Tahap 1) dan tanggal 1 Maret 2015 (Tahap II). Data potret tidak akan berubah-ubah karena diambil pada saat ditetapkan tahap penyaluran BOS dan tidak akan diupdate lagi.

Beberapa daftar pertanyaan dan penjelasan tersebut di antaranya :

1.   Mengapa data di manajemen Dapo (Data Pokok) jenjang Dikmen berubah-ubah?
2.   Sumber data mana yang digunakan sebagai dasar penyaluran BOS?
3.   Mengapa data yang tampil di web Dapodikmen berbeda dengan Pakta Integritas?
4.   Bagaimana mekanisme pengisian NISN di Dapodikmen?
5.   Bagaimana perhitungan rekap total peserta didik?
6.   Penjelasan data gabungan semester I dan II ditampilkan di manajemen Dapodikmen
7.   Penjelasan kesalahan-kesalahan umum entri data yang harus diperhatikan, misalnya pada bagian partisipasi BOS belum diisi atau diisi tidak menerima.
8.   Dan lain-lain.

Download selengkapnya file Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul Mengenai Aplikasi DAPODIKMEN Terkait dengan penyaluran BOS SM tahun 2015 beserta penjelasan lengkapnya, silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Daftar Pertanyaan dan Penjelasan Tentang Aplikasi Dapodikmen Yang Berkaitan Dengan Penyaluran BOS SM Tahun 2015"

Post a Comment