Apa Arti Dari Pendidikan Itu?

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Bicara tentang pendidikan sebenarnya sangat luas pembahasannya, mulai dari pendidikan formal di sekolah / madrasah, pendidikan non formal, pendidikan keluarga, hingga pendidikan dalam bermasyarakat.

Lalu apa arti dari pendidikan itu sendiri? Berdasarkan KKBI, Pendidikan berasal dari kata dasar “Didik” yang berarti memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Sehingga pendidikan adalah proses / cara mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Maka tak pelak lagi, bahwasannya pendidikan mutlak diperlukan oleh semua warga negara sebagaimana amanat Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang merupakan salah satu tujuan dari negara itu sendiri yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. 

Oleh karena itu, apapun yang terkait dengan pendidikan akan selalu berevolusi dalam menyesuaikan “jamannya”, mulai dari kurikulum, kebijakan anggaran, pemerataan akses pendidikan, hingga semua hal yang terkait dengan usaha peningkatan mutu pendidikan nasional sedang dan akan terus dikembangkan oleh Pemerintah.

Berbagai sinyalemen positif pun saat ini sudah mulai terbuka, seperti halnya Ujian Nasional di tahun 2015 saat ini telah terbukti tak lagi menakutkan bagi siswa, dikarenakan hasil ujian nasional tidak menjadi patokan kelulusan mereka. Hal ini juga berdampak positif bagi sekolah, di mana setiap nilai yang menjadi cerminan dari sikap maupun kompetensi siswa di sekolah bersangkutan menjadi benar-benar berharga bagi siswa maupun guru, karena menjadi faktor penting bagi kelulusan mereka dari sekolahnya.

Dan akhirnya, sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki aneka ragam kebudayaan, suku, bahasa, hingga agama yang majemuk ini seyogyanya tetap menyamakan satu visi mewujudkan kehidupan bangsa yang benar-benar cerdas dan berkarakter baik, karena yang menjadi salah satu faktor majunya bangsa ditentukan dari kualitas pendidikan dari suatu bangsa tersebut. 

Pendidikan dapat dikatakan berhasil, jika mampu melahirkan manusia-manusia yang berperilaku baik, baik hatinya, dan juga cerdas pikirannya. Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Apa Arti Dari Pendidikan Itu?"

Post a Comment