SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA MENJADI BUKIT

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Sedikit Demi Sedikit Lama Lama Menjadi Bukit, itulah peribahasa yang sudah tak asing lagi bagi kita bukan…? Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Semua hasil melalui prosesnya masing-masing. 

Mekanisme alam pun bekerja berdasarkan hukum alam ini yang sudah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. 

Lihat artikel berikut ==> Bagaimana Hukum Alam Bekerja..?

Tak terkecuali alam semesta ini pun diciptakan-Nya melalui proses yang memerlukan waktu yang telah ditentukan dan ditetapkan-Nya, namun juga bukan berarti Ia tak mampu menciptakan secara instan.

Akan tetapi pelajaran besar kepada kita bahwasannya Tuhan pun menciptakan segala sesuatu dengan waktu-waktu tertentu berdasarkan kehendak-Nya, sehingga pelajaran yang dapat kita petik adalah mengenai perjalanan waktu demi waktu yang terus melaju ini merupakan konskuensi serta kelanjutan dari waktu-waktu sebelumnya.

Alhasil antara masa lalu, masa sekarang, dan masa depan adalah rangkaian proses yang saling terkait dan saling mempengaruhi baik positif maupun negatifnya.

Jika memang hidup ini adalah pilihan, tepat kiranya pilihan kita adalah memilih jalan yang baik, di mana jalan yang baik dalam proses kehidupan ini pastinya akan menuju pada kebaikan dan kebahagiaan yang sebenar-benarnya.

Dalam beberapa sesi kehidupan pun, kita dituntut memiliki pemahaman yang komprehensif akan arti daripada proses demi proses yang harus dilewati dengan penuh kerja keras dan kerja cerdas yang disertai dengan permohonan / do’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta mempersiapkan mental siap dalam menerima apapun hasil akhirnya nanti.

Dan pada intinya untuk mendapatkan sukses itu seseorang harus melewati proses yang benar, seperti halnya “Salah jalan yang ditempuh tak akan sampai pada tujuan”. Oleh karena itu, betapa pentingnya tujuan dalam suatu hidup ini sebagai suatu pilihan yang telah ditetapkan dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Untuk menjadi pintar diperlukan proses belajar (membaca, menulis, berhitung) intensif dan berkelanjutan, mau bertanya, mau dikritik, dan sebagainya adalah prosesnya. Untuk menjadi kaya, bekerja dan memanajemen finansial dengan baik adalah prosesnya, dan lain sebagainya.

Proses itu seperti menabung uang, di mana sedikit demi-sedikit akan menjadi bukit, karena secara kongkrit, bukitpun merupakan tumpukan batu-batu kecil, tanah / pasir-pasir kecil, tumbuhan-tumbuhan kecil yang sama dengan yang ada di tempat lainnya, yang membedakannya karena di sana batu, tanah, tumbuhan, dan lain-lain itu menyatu menjadi satu, terakumulasi, dan saling terintegrasi antara satu elemen dengan yang lainnya sehingga dapat disebut dengan bukit.

Sahabat..! Mari terus tetapkan niat yang baik, proses yang baik, pembelajaran yang tiada henti, kerja keras, kerja cerdas yang dilandasi dengan kesabaran, konsistensi, komitmen, dan persistensi (keseriusan).

Prosesnya memang tidak sebentar Sobat…! Perlu waktu untuk melakukan secara tuntas proses demi prosesnya, tahap demi tahapnya, hingga satu paket hasil dari daya dan upaya kita itu telah memenuhi syarat untuk pencapaian suatu tujuan.

Insya Allaah apapun tujuan (goal) kita nantinya akan dapat tercapai dan terealisasi (terwujud) atau bahkan lebih baik lagi dari perkiraan kita karena Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang pada hamba-Nya. Semoga sukses dan bahagia selalu… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "SEDIKIT DEMI SEDIKIT LAMA-LAMA MENJADI BUKIT"

Post a Comment