Menjadikan Sekolah Seperti Taman, Anak Datang Ke Sekolah Dengan Senang dan Pulangnya Terasa Berat

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Sekolah yang efektif selalu mampu membuat peserta didiknya betah untuk belajar, namun ada beberapa strategi yang bisa diterapkan di sekolah satunya yang mana yang menjadi tumpuan dari strategi ini tentu saja bapak/ibu guru yang mengajar di sekolah tersebut.


Berikut ulasan selengkapnya terkait dorongan dari Kemdikbud kepada guru untuk menjadikan sekolah seperti taman, yang admin share dari Okezone.com, sebagai berikut :

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, untuk memperbaiki dunia pendidikan perlu kerja sama dari berbagai pihak. Salah satu pihak terpenting dalam memperbaiki dunia pendidikan adalah peran seorang guru atau tenaga pendidik.

"Kemajuan pendidikan itu ada pada pendidiknya. Guru harus jadi kunci kemajuan (pendidikan)," kata Anies, di Bandung, tadi malam.

Selain harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengajar, guru juga harus bisa membuat suasana dunia pendidikan nyaman. Dia pun mengibaratkan sekolah harus jadi seperti taman.

"Taman itu sebuah tempat yang bila anak datang, dia datang dengan senang, pulang dengan berat. Sudahkah sekolah seperti taman? Justru terbalik, anak datang dengan berat hati, pulang dengan senang hati," jelasnya.

Ia pun mengingatkan kepada para sekolah dan guru untuk membuat suasana belajar menjadi nyaman. Caranya, bisa dilakukan dengan berbagai hal. Yang terpenting, siswa datang bersemangat ke sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

"Kepala sekolah harus sadar bahwa tugas Anda membuat suasana belajar jadi menyenangkan. Guru juga begitu (tugasnya). Sederhana menurut saya," ucap Anies. (fsl)

Referensi artikel : Mendikbud, “Sekolah Harus Seperti Taman” - Okezone.com

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Menjadikan Sekolah Seperti Taman, Anak Datang Ke Sekolah Dengan Senang dan Pulangnya Terasa Berat"

Post a Comment