Ini Dia...! Manfaat Positif di Saat Hidup Sendiri

Sahabat Maya Yang Berbahagia…

Seringkali kesendirian menjadi suatu keadaan yang sangat tidak menyenangkan bagi seseorang. 

Sehingga ketika kesendirian terjadi maka ia akan berusaha mencari teman dan ini tentu saja manusiawi karena memang pada dasarnya manusia itu tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan yang lainnya (hidup bersosial).

Namun di sini saya tidak mengulas tentang hal tersebut di atas, akan tetapi saya akan mencoba menguraikan manfaat positif (hikmah) ketika seseorang mengalami keadaan hidup yang sendiri. 

Pernahkan Anda mendengar sebuah kata bijak “Menyendiri adalah sekolahnya jenius”…? Jika belum, silahkan disimak beberapa manfaat ketika hidup sendiri, seperti uraian berikut ini :

1. Meningkatkan Kesadaran dan Evaluasi Diri

Saat menyendiri, seringkali saya ingat akan apa yang sudah saya lakukan sebelumnya, mulai dari apa yang sudah saya tuliskan, ucapkan, hingga sikap yang sudah dilakukan. Sehingga merasa bersalah saat itu, pikiran dan hati pun lebih akur dalam memutuskan apa yang nantinya dapat kita lakukan lebih baik ke depannya. Sehingga kesalahan yang sama tidak terulang kembali.

2. Mempertajam Inspirasi dan Imajinasi.

Kalau jaman dulu sering kudengar, dengan bertapa orang akan sakti, dengan menyendiri di suatu tempat seseorang akan mendapatkan sesuatu bisikan ghaib dan lain-lain. Intinya menyendiri ini menjadi kunci dalam mendapatkan inspirasi yang pure (asli) dan juga memberikan ruang dan kesempatan yang luas bagi imajinasi kita untuk mengembangkan inspirasi tersebut.

3. Lebih Fokus Dalam Berpikir dan Merasa.

Ketika menyendiri, otomatis pikiran dan hati kita benar-benar memiliki kesempatan yang cukup optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Pikiran untuk berpikir dan hati untuk merasa. Maka patutlah ketika menyendiri keputusan yang diambil lebih baik dan objektif. Akan tetapi ini juga ditentukan seberapa banyak ilmu yang sudah berhasil kita tahu, wawasan dan pengalaman dari masing-masing individu tentunya.

4. Meningkatkan Produktivitas Berkelas.

Banyak para penemu berkelas dunia diawali dari menyendiri di kamar bahkan menyendiri di dalam hutan… J. Tapi yang mereka lakukan bukanlah menyendiri karena frustasi akan tetapi sebaliknya, mereka menyendiri untuk terus menggali dan mengembangkan seluruh potensi diri sehingga mereka bisa melahirkan sesuatu yang berguna bagi sesamanya.

Di jaman kinipun cara ini masih cukup efektif bagi setiap orang yang ingin mengembangkan sesuatu yang lain daripada yang lain (unik) dan pastinya berkelas nantinya. Dan tentu saja, apabila produktifitas itu nantinya bukan hanya menguntungkan diri-sendiri akan tetapi juga bermanfaat bagi sesama.

Demikian beberapa uraian tentang manfaat positif saat kesendirian terjadi pada hidup kita. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Sampai berjumpa pada kesempatan berikutnya Saudara/iku…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ini Dia...! Manfaat Positif di Saat Hidup Sendiri"

Post a Comment