Hikmah Bekerja Sebagai Operator / Admin Sekolah

Sahabat Operator / Admin Sekolah yang berbahagia…

Selama beberapa tahun ini, Operator Sekolah di setiap jenjang pendidikan memiliki tugas yang berat, karena harus entry, kirim, dan cek data terkait dengan seluruh entitas satuan pendidikannya. 

Proses ini penting karena menjadi dasar utama kebijakan pemerintah terhadap sekolah bersangkutan. Di mana saat ini hampir seluruh data pokok sekolah saat ini telah berbasiskan pada data.

Di berbagai media masa, media sosial, dan situs online pun pembahasan mengenai Operator Sekolah semakin semarak khususnya yang terkait dengan besaran honorarium bagi Rekan-rekan Operator Sekolah yang besarannya memang belum ditetapkan secara eksplisit dengan payung hukum khusus.

Sehingga hal  di atas ini memicu beberapa pertanyaan tak terkecuali kepada admin, dan jelas saya pun tak bisa menjawab karena besaran honornya memang tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing dalam hal ini tentu Bapak/Ibu Kepala Sekolah sebagai pengambil keputusan akhirnya.

Namun dalam kesempatan kali ini, saya tidak membahas tentang seberapa besar honorarium bagi Operator Sekolah ini, akan tetapi izinkan saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang hikmah menjadi Operator Sekolah.

Berikut beberapa manfaat positif ketika seseorang bertugas menjadi Operator / Admin Sekolah, sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kemampuan Dalam Mengoperasikan Komputer

Sebagaimana diketahui bahwasannya pada era sekarang ini, kemampuan dalam mengoperasikan komputer merupakan skill penting ataupun kemampuan prioritas yang dijadikan salah satu syarat diterimanya seseorang bekerja pada suatu instansi, kantor, hingga perusahaan swasta.

Dan kriteria ini tentu saja ada pada setiap Operator Sekolah yang sudah terbiasa, dan karena terbiasa maka menjadi bisa. Mulai dari aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolahan angka, hingga kemampuan editing photo, karena dalam proses pengerjaan beberapa terdapat proses unggah atau upload SK maupun gambar-gambar yang terkait sekolah secara online.

Dan sebelum proses upload photo maka dilakukan proses pemindaian dari SK asli yang kemudian hasil file scan tersebut dikirim secara online. Gambar pun demikian, Rekan-rekan Operator Sekolah dipastikan harus melakukan convert (merubah ukuran) ukuran file agar dapat diunggah (upload), sehingga dalam proses ini kemampuan editing gambar pun meningkat.

2. Menambah Wawasan tentang Sistem Manajemen Sekolah

Dengan menjadi Operator Sekolah, tentunya akan semakin memahami Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) dari setiap pegawai yang ada di sekolahnya termasuk pemahaman yang terkait dengan linearitas serta validasi tugas tambahan dari masing-masing PTK, selain itu juga semakin memahami yang mana tugas pokok, tugas tambahan, Rekan-rekan Operator Sekolah juga semakin memahami struktur / hierarki kepemimpinan dari level atas hingga bawah dalam sistem manajemen pendidikan di Indonesia.

3. Melatih Kesabaran, Kedisiplinan dan Persistensi

Mulai dari proses awal hingga akhir baik yang bersifat online maupun offline, rata-rata sistem pendataan yang disajikan memiliki fitur baru yang tentu saja memerlukan proses pembelajaran, saling share dengan sesama operator sekolah demi hasil pendataan yang berkualitas. Kedisiplinan di sini juga semakin terasah, di mana dalam setiap periode pendataan terdapat batas waktu (deadline) tertentu, dan akurasi, kecepatan, dan ketepatan penyelesaian pelaksanaan tugas tentu menjadi kunci suksesnya proses input, cek, hingga kirim data.

4. Meningkatkan Pemahaman Terkait Stake Holder Pendidikan di Indonesia

Dikarenakan dalam setiap proses pendataan baik pada jenjang pendidikan dasar (Dikdas) maupun Dikmen (Pendidikan Menengah) seringkali Operator Sekolah harus memiliki inisiatif untuk menggali informasi secara mandiri mulai dari Situs Kemdikbud, Ditjen Dikdas, Ditjen Dikmen, Referensi Data PDSP, SDM PDSP, VerVal PD, VerVal SP dan lain sebagainya.

Hal ini tentu saja semakin meningkatkan pemahaman Operator Sekolah terkait stake holder pendidikan di Indonesia, baik lembaga, badan, maupun institusi apa saja yang berhubungan secara langsung dengan satuan pendidikannya tentunya melalui akses internet (online).

5. Memperluas Jaringan Relasi dan Kenalan se-Indonesia

Operator Sekolah saat ini dipastikan seringkali saling bertanya dan menjawab dalam beberapa forum / grup operator sekolah secara online. Dikarenakan seringnya komunikasi tentu saja kenal dan lebih dekat akan saling terjalin antara Rekan-rekan Operator Sekolah se-Indonesia.

6. Cepat Mengetahui Informasi Update Tentang Pendidikan

Dikarenakan seringnya online, otomatis rekan-rekan Operator Sekolah akan lebih cepat tahu dulu tentang info-info yang terkait dengan pendidikan. Dan saat ini pun telah tersedia beberapa puluhan situs online yang mana adminnya juga bertugas sebagai operator sekolah. Dengan ini maka rekan-rekan Operator Sekolah segera menyampaikan ke PTK maupun Peserta Didik yang terkait dengan informasi tersebut.

7. Dan Masih Banyak Lagi

Tentu masih banyak lagi manfaat / hikmah positif menjadi operator sekolah pada akhir-akhir ini yang bermuara pada peningkatan SDM dari Rekan-rekan Operator Sekolah secara umum khususnya pada bidang penguasaan Informasi dan Teknologi modern sekarang ini.

Demikian beberapa hal positif yang didapat setelah menjadi Operator Sekolah versi admin terlepas dari beberapa masalah yang semoga saja segera ada solusi terbaik bagi kita semua… Aamiin…

Yang pasti dengan menjadi Operator / Admin Sekolah, SDM kita pasti lebih baik daripada yang sebelumnya.

Dan ini pada suatu saatnya nanti, semua ini tidak akan pernah sia-sia, bahkan dapat menjadi menjadi bekal / modal yang sangat diperhitungkan dalam karier di masa mendatang, baik sebagai PNS maupun bekerja di bidang swasta, yang jelas kemampuan ini sangat menunjang setiap pribadi Sahabat Operator Sekolah. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hikmah Bekerja Sebagai Operator / Admin Sekolah"

Post a Comment