Info Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (KIIP) Guru SMK Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalitas guru khususnya guru SMK, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2015 ini akan mengadakan Lomba Karya llmiah dan lnovasi Pembelajaran (KIIP) Guru SMK.

Latar Belakang Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (KIIP) Guru Smk Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

Kinerja guru SMK dalam mengemban tugas pembelajaran (PBM) ditandai dengan keteguhan memegang komitmen profesional guna mewujudkan layanan pembelajaran bermutu. Implikasinya, guru dituntut mampu mengekplorasi potensi diri guna mencari, merumuskan dan memformulasikan desain pembelajaran yang inovatif mampu memberi kemudahan kepada peserta didik dalam memahami, menguasai, dan mempraktikkan materi ajar.

Fakta di lapangan adalah sebagian besar guru pada semua satuan pendidikan khususnya SMK melaksanakan PBM secara konvensional yang mengarah pada capaian target kurikulum. Dampak yang berpengaruh dan menjadi indikator menonjol adalah rendahnya produktifitas guru dalam menyusun karya ilmiah dan pengembangan inovasi dalam pembelajaran.

Penulisan karya secara lebih khusus diarahkan pada hasil karya ilmiah dan inovasi pembelajaran guru yang mencakup pengembangan produk dan cara pembelajarannya, model, strategi, metode, media, dan pendekatan pembelajaran yang tertuju pada terciptanya pemberdayaan siswa di sekolah.

Beberapa ketentuan dalam Lomba KIIP bagi Guru SMK tahun 2015 antara lain :

1.   Proposal harus asli (hasil karya sendiri dan bukan plagiat).
2.   Kaya ditulis dengan huruf Times New Roman, dicetak pada kertas HVS ukuran A4, diketik dengan 1,5 spasi dengan mengikuti sistematika penulisan karya yang telah ditentukan.
3.   Jumlah halaman antara 10 s.d. 15 lembar.

Berikut sistematika penulisan proposal Lomba KIIP bagi Guru SMK tahun 2015, sebagai berikut :

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL

HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
B.  Rumusan Masalah
C.  Tujuan Penelitian
D.  Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI
A.  Teori A
B.  Teori B
C.  Teori C
D.  Kerangka Berfikir (Bila ada)
E.  Hipotesis (Bila ada)

BAB III DESAIN PENELITIAN
A.  Metode Penelitian (survei, eskperimen, penelitian tindakan, Research & Development , kualitatif, evaluasi)
B.  Tempat Penelitian
C.  Populasi dan Sampel/Sumber data
D.  Teknik Pengumpulan Data
E.  Teknik Analisis Data

Proposal dikirimkan ke alamat berikut:

1.  Subdit PTK SMK, Gedung D Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman- Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat Kode Pos 10270 dan
2.   smkpptkdikmen@kemdikbud.go.id dan
3.   Iombakiip2015@gmail.com

Batas waktu pengiriman proposal paling lambat tanggal 15 Mei 2015. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 021-57974106 dan 081212206207 (sdr. Ahmad Budidarma).

Untuk download file surat undangan SMK0752/D5.3/LL/2015 tertanggal 27 Januari 2015 tentang Lomba Karya llmiah dan lnovasi Pembelajaran (KIIP) Guru SMK yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dapat diunduh pada links berikut.

Demikian informasi mengenai Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran SMK tahun 2015. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

0 Response to "Info Lomba Karya Ilmiah dan Inovasi Pembelajaran (KIIP) Guru SMK Tahun 2015"

Post a Comment