Bagaimana Hukum Alam Ini Bekerja…?

Sahabat Edukasi yang berbahagia… 

Alam semesta raya diciptakan oleh Allaah SWT tidak ada yang percuma dan sia-sia termasuk hukum alam yang berlaku di dalamnya.

Hukum alam adalah hukum yang berasal dari Allah itu sendiri yang berlaku di alam ini.

Oleh karena itu, seberapapun tinggi ilmu dan teknologi yang dapat dikembangkan manusia, tidak mungkin dapat mengubah struktur alam yang sudah maha canggih sejak dulunya.

Apa yang dapat dilakukan manusia tidak lain adalah menelusuri dan mencoba memahami hukum-hukum alam tersebut sehingga dengan izin-Nya, manusia kemudian dapat memanfaatkan hukum itu untuk meningkatkan derajat kehidupan yang semakin baik jika ia senantiasa berpikir, merasa, dan bertindak sesuai dengan kehendak-Nya.

Hidup ini jika diibaratkan seperti aliran sungai, ia senantiasa bergerak fluktuatif. Namun jika seseorang telah membekali dirinya dengan pemahaman iman yang telah terimplementasi secara nyata serta berbuah dalam lisan dan perbuatan yang baik, maka yang ia dapatkan juga sesuatu hal yang baik-baik saja.

Di manapun dan bagaimanapun keadaan hidupnya, ia masih memiliki kontrol/kendali penuh pada seluruh aktifitas lahir maupun batinnya, ia tetap stabil, sabar dalam ujian, dan bersyukur dalam kelebihan.

Hal ini tentu tak lepas dari hukum alam yang telah berlaku sejak alam ini tercipta oleh-Nya, sesuatu tujuan yang baik yang diusahakan dengan cara-cara yang baik bagaimanapun akhirnya, maka endingnya pasti juga baik. Dan sebaliknya sesuatu yang dilakukan dengan sesuatu yang tidak baik, maka cepat atau lambat penyesalan itu akan datang pada pelakunya.

Hukum alam ini berlaku sebagai bukti akan kekuasan-Nya, bukti ke-Maha Adil-NYA, dan juga merupakan bukti dari eksistensi dari kekuasaan Allaah SWT terhadap seluruh alam dan isinya.

Mekanisme alam pun sangat detail dan super canggih, berjuta ciptakaan bergerak mekanis secara konsisten dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar.

Oleh karena itu, sebelum melakukan sesuatu, mari kita berfikir sejenak apakah cara saya benar, apakah tujuan saya baik, dan pertimbangan yang paling tepat adalah bertanya pada diri-sendiri apakah ini diridloi oleh Allaah SWT.

Karena manusia tidak akan pernah tahu bagaimana sesungguhnya alam ini bekerja, yang diketahui oleh manusia saat ini hanyalah sesuatu yang hal yang sangat terbatas dari sesuatu yang memang tiada batas. Namun realitas dari hukum alam itu sendiri dapat dirasakan oleh hampir setiap manusia, di mana mau untuk terus belajar maka akan menjadi pintar, mau berusaha terus maka ia akan berhasil, dan seterusnya.

Jika dalam hati terbesit keraguan, cemas, dan khawatir karena adanya sinyalemen yang negatif pada hasil pemikiran ini, maka mari kita memohon petunjuk pada-Nya agar kita selamat dari golongan-golongan manusia yang merugi sekaligus berdo’a semoga kita termasuk dalam jajaran makhluk-Nya yang pandai bersyukur dan kokoh kesabaran dalam menjalani sesi demi sesi dalam alur proses kehidupan sementara di ala ini untuk menuju kehidupan yang sesungguhnya.

Hingga pada akhirnya semua dari kita dapat diterima seluruh amal ibadah kita dan diampuni segala khilaf, salah dan dosa-dosa kita di masa lalu… Aamiin... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Bagaimana Hukum Alam Ini Bekerja…?"

Post a Comment