Tips Menikmati Liburan di Hari Minggu Yang Positif

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pembelajaran efektif pada pendidikan formal biasanya berlangsung dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu, aktivitas di kantor pun seringkali pada hari Senin sampai dengan Jum’at. 

Sehingga waktu efektif untuk semangat-semangatnya belajar memang ada pada hari-hari tersebut. Semangat itu timbul dari adanya tugas-tugas dari Bapak/Ibu Guru di sekolah ataupun pekerjaan-pekerjaan dari atasan (pimpinan perusahaan). Terkecuali bagi sekolah-sekolah Madrasah hari Minggu sebagian besar tetap belajar efektif dan hari liburnya pada hari Jum’at.

Namun, sebagai pembelajar sejati, hari libur bukanlah halangan untuk belajar bukan? Oleh karena berikut saya share bagaimana menikmati liburan di hari libur namun tetap ada unsur edukasi (pembelajaran) di sana :

1.   Senam Pagi (Joggin)

Selain untuk kesehatan, senam pagi bisa digunakan sebagai aktivitas untuk belajar senam-senam yang menjadi ciri khas suatu daerah.

2.   Pilih Tempat Tujuan Wisata yang Tepat.

Jika ada jadwal berwisata, pilih tempat yang tepat. Yang menyenangkan sekaligus dapat memperdalam pemahaman kita terhadap segala sesuatu informasi yang pernah kita dapatkan sebelumnya, ambil photo dan video di sana (jika diperkenankan) untuk kenang-kenangan dan flash back nantinya.

3.   Menulis

Menulislah sesuatu pada hari libur ini. Karena dengan seringkali menulis, semakin terasah ketelitian Anda khususnya pada tulisan dan ini tentu akan berdampak positif pada SDM Anda nantinya.

4.   Membaca

Di hari libur, kesempatan Anda untuk membaca buku yang paling Anda minati, dengan membaca, pastinya wawasan Anda akan semakin luas, pemahaman pun akan semakin mendalam. Siapkan minuman segar di siang hari, lalu membacalah dengan happy.

5.   Silaturahmi

Manfaatkan waktu libur untuk berkunjung ke tempat handai taulan (family), sahabat-sahabat, ataupun kenalan-kenalan baru agar komunikasi semakin erat.

6.   Browsing Internet

Gunakan waktu luang untuk browsing internet, cari sesuatu yang selama aktivitas Anda tak sempat mencarinya. Agar penasaran-penasaran pada sesuatu yang belum Anda ketahui pada saat kemarin bisa Anda ketahui di waktu luang ini.

7.   Tidur Siang Cukup

Mumpung libur, Anda bisa menambah porsi tidur siang Anda lebih banyak daripada hari efektif tentunya. Cukupkan istirahat ini pada siang harinya, namun juga jangan terlalu lama, agar malam harinya tidak sulit tidur.

8.   Bermain Bersama dengan Keluarga

Ajaklah saudara, pasangan, atau anak Anda untuk bermain bersama. Nikmati hari libur bersama mereka sambil mendekatkan diri antara satu dan lainnya.

9.   Menonton Televisi

Pilih tontonan televisi yang edukasi, setidak-tidaknya berita nasional. Agar kita tidak ketinggalan berita, karena di waktu hari efektif dapat dipastikan kita kekurangan suplay informasi dari televisi, khususnya pada siang hari.

Demikian cara menikmati liburan pada hari Minggu yang berisi hal-hal positif, semoga tetap semangat belajarnya. Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips Menikmati Liburan di Hari Minggu Yang Positif"

Post a Comment